Dengan JKN-KIS, Asririn Melahirkan Buah Hatinya dengan Tenang & Nyaman

oleh -64 views
Asririn

Waingapu, Jamkesnews – Memiliki seorang anak merupakan impian bagi setiap keluarga untuk melengkapi bahtera rumah tangganya. Seperti yang telah dialami oleh Asririn (29) warga desa Kambata Wundut, Sumba Timur, NTT. Ia baru saja dikaruniai anak pertama, kebahagiaan terpancar jelas di raut wajanya, terlebih lagi biaya persalinan ditanggung sepenuhnya oleh program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

“Saya mendapatkan kartu Indonesia Sehat (KIS) sejak tahun 2019. Saya beberapa kali menggunakannya untuk rawat jalan di Puskesmas. Sungguh program JKN-KIS membantu masyarakat untuk mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan. Tidak ada lagi kecemasan saat berobat atau mau memperoleh pelayanan kesehatan lainnya. Semuanya berjalan dengan lancar dan tentunya tanpa biaya,” ujar Asririn.

Baca Juga:  Perpres 64/2020: Pemerintah Berikan Bantuan Untuk Peserta JKN-KIS Kelas III

Asririn yang terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) memulai proses persalinan di Puskesmas Lewa. Dikarenakan kakinya mengalami bengkak dan ditakutkan akan mempengaruhi proses persalinan, dokter puskesmas memberikan rujukan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Umbu Rara Meha. Ia melakukan persalinan secara normal dan menjalani rawat inap di RSUD Umbu Rara Meha selama tiga hari.

“Puji syukur, persalinan bisa dilakukan secara normal. Saya dirawat selama 3 hari di rumah sakit. Pelayanannya sangat bagus dan petugasnya juga ramah-ramah tanpa melihat latar belakang pasien. Tidak ada perbedaan perlakuan, padahal saya mendapatkan KIS yang bantuan dari pemerintah,” ungkap Asririn.

Menurutnya, kesehatan bagi keluarga sangatlah penting. Kesehatan merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Kehadiran program JKN-KIS dengan segala fasilitasnya merupakan bentuk nyata peran Pemerintah dalam memberikan rasa aman dan nyaman dalam Jaminan Kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia. Sehingga tidak perlu lagi ada hal yang ditakutkan, terutama biaya yang besar apabila berobat. 

Baca Juga:  Dengan Jadi Peserta JKN-KIS, Biaya Bukanlah Masalah

Ia berharap masyarakat semakin percaya dan ikut serta mendukung demi keberlangsungan program ini. Hal itu dikarenakan sangat banyak masyarakat yang terbantu dengan adanya program JKN-KIS ini. Kini Asririn dan suami bisa menikmati hari – hari bersama buah hatinya.

“Semua karena kebesaran Tuhan dan tentunya juga karena program JKN-KIS yang memberikan kemudahan saat persalinan serta menanggung sepenuhnya biaya persalinan saya. sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” tutup Asririn. (DM/kl)

Komentar