Peduli Bencana Seroja di Sumba Timur, Muhammadiyah Bantu Pengobatan & Sembako

oleh -101 views
Muhammadiyah Peduli

Waingapu.Com – Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah merespon cepat pasca mendapatkan informasi terjadinya bencana dampak dari sikon tropis Seroja di NTT. Untuk Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) – NTT, dikirimkan Emergency Medical Team (EMT) yang beranggotakan dokter dan perawat, pasca terjadinya bencana (04/04) hingga (06/04) lalu.

“Sebelum ke lapangan kami melaporkan rencana kegiatan kami ke Bupati Sumba Timur. Pak Khristofel Praing, selaku Bupati menyambut kedatangan kami dengan tangan terbuka, ramah dan hangat,”ungkap Aman Wahyudi, ketua tim EMT, Sabtu (17/04) lalu.

Aman yang saat itu didampingi oleh pimpinan Muhammadiyah Sumtim, H. Elyas Ismail dan Wakil Ketua Majelsi Ulama Indonesia (MUI) Sumtim, bidang Hubungan Antar Umat Beragama, Djunaidi Bin Garib didampingi Ibrahim Igo dan Yunus Atanggae, dari unsur pimpinan MUI Sumtim lainya, menjelaskan tim EMT terdiri dari dua dokter dan tiga perawat. Dokter Eva Delsi dan M. Ainus didampingi oleh tiga perawat medis yang handal yakni Ahmad Aditya, Rebana Yudha K dan Helda.

Baca Juga:  Warganet Tanggapi Berita Mahalnya Bawang Waingapu

Dalam kesempatan itu, Elyas Ismail menjelaskan, selain memberikan pengobatan medis, PP Muhammadiyah juga akan melakukan pembagian sembako pada sejumlah daerah yang terdampak. Pembagian sembako itu melalui Lembaga Penanggulangan Bencama Muhammadiyah Disanter Management Center (LPB-MDMC).

“Kami sudah koordinasi dengan Pak Mikael Jakalaki selaku Kalak BPBD dan Doktter Chrisnawan, Keadi Kesehatan Sumba Timur. Ini untuk bisa ditentukan daerah yang akan kami kunjungi hingga bantuna yang diberikan tepat sasaran. Kami dibantu oleh donatur Sido Muncul juga Pengurus Daerah Muhammadiyah Propinsi NTT. Helda dan Aisiyah yang akan koordinir bantuan itu,” jelas Elyas.

Terkait bentuk kepedulian itu, Bupati Sumtim menyatakan syukur dan apresiasi yang tinggi. Bantuan yang diberikan, kata dia hendaknya tiba dan diterima oleh pihak yang benar-benar membutuhkan.

Baca Juga:  Pasca Badai Seroja di Sumba Timur, PT. Rapid Infrastruktur Indonesia Bantu Warga Kiritana

“Harapan saya, semoga bantuan ini terdistribusi dengan baik dan tepat pada sasarannya. Siklon tropis Seroja yang terjadi lalu sangat berdampak besar bagi pemerintah daerah dan masyarakat. Saya atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan terima kasih yang tulus kepada PP Muhammadiyah dan Sido Muncul,” tandas Bupati Khristofel. (ped)

Komentar