Pegawai Dinkes Sumba Timur di SWAB, Ada Apa Gerangan?

oleh -351 views
Uji Swab

Waingapu.Com – Untuk memastikan kesiapan penggunaan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) yang ada di RSUD Umbu Rara Meha (URM), Kabupten Sumba Timur (Sumtim) – NTT, sejumlah pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat harus menjadi ‘kelinci percobaan’ dalam pengambilan sampel SWAB. Hal itu terlaksana Jumat (21/05) lalu.

Tak hanya sejumlah staf Dinkes, Chrisnawan Tri Haryantana, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan juga diambil sampel SWAB-nya. Kepada wartawan usai pelaksanaan kegiatan dimaksud, dia menyatakan ujicoba penggunaan mesin PCR itu dilakukan sebagai bagian dari tahapan penggunaan mesin PCR tersebut untuk pelacakan dan mempercepat proses pemeriksaan sampel.

Masih kata Chrisnawan, pengambilan sampel kali ini memang masih dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga tenaga kesehatan pada Puskesmas-Puskesmas yang ada di seputaran Kota Waingapu. Untuk memenuhi jumlah sampel yang dibutuhkan, tentu masih akan dicari lagi dari tempat-tempat lain.

Baca Juga:  Empat Karyawan Positif Covid-19, Puskesmas Waimangura – Wewewa Barat Ditutup

“Rencananya hari Senin atau Selasa depan akan dilakukan ujicoba sehingga kita ambil swab teman-teman (ASN di Dinkes dan Puskesmas) ini,” jelasnya.

Pemeriksaan yang akan dilakukan Senin hingga Selasa (24-25/5) nanti, kata Chrisnawan, adalah bagian dari supervisi dari Dinkes NTT untuk memastikan apakah mesin PCR ini sudah dapat digunakan untuk pemeriksaan sampel atau belum. “Teman-teman dari Dinas Kesehatan Provinsi akan datang hari Senin untuk supervisi sebelum mesin PCR ini digunakan,” katanya sembari menambahkan, pengambilan sampel swab ini selain untuk uji coba, pengambilan sampel SWAB ini diharapkan bisa menjadi bagian dari proses tracing di lingkungan Dinkes Sumtim dan juga Puskesmas-Puskesmas sekitar. (ped – ion)

Baca Juga:  Perangi Demam Berdarah: TNI Mengawalinya dengan Foging di Barak

Komentar