Sumba Tengah Siap Jadi Kabupaten Pertama yang Bentuk Komisi Informasi di NTT

oleh -317 views
Paulus dan Agustinus

Waingapu.Com – Kabupaten Sumba Tengah siap menjadi kabupaten pertama di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang membentuk Komisi Informasi Kabupaten. Penegasan ini disampaikan Bupati setempat, Paulus S.K. Limu saat beraudiens dengan Ketua Komisi Informasi Provinsi NTT Agustinus Lede Bole Baja di Rumah jabatan Bupati, Kamis (14/10) lalu.

Tujuan audiens tersebut antara lain untuk memastikan implementasi Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain itu, memastikan terbentuknya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) disetiap Badan Publik lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah, serta rencana pembentukan Komisi Informasi Kabupaten.

Bupati Sumba Tengah Paul S.K Limu sangat merespon positif kehadiran Ketua Komisi Informasi Provinsi NTT Agus L.B. Baja. Terkait pembentukan Komisi Informasi di Sumba Tengah, menurut dia tidak ada masalah. Yang terpenting lanjutnya ada Sumber Daya Manusia yang bekerja cerdas dan tuntas, mampu mewujudkan pelayanan informasi publik yang baik, demi mewujudkan Kabupaten Sumba Tengah yang informatif.

Baca Juga:  ‘In House Training’ Cara SMAN Kambera Kenali & Akrapi Tenun Ikat

“Saya sangat dukung kehadiran Komisi Informasi di Kabupaten Sumba Tengah dan saya ingin supaya Kabupaten ini menjadi contoh dan yang pertama terbentuknya Komisi Informasi Kabupaten di NTT,” tandas Paul Kira.

Soal anggaran dan fasitas lainnya, menurut Paul, tidak menjadi soal. Yang terpenting yaitu komitmen membangun daerah melalui keterbukaan informasi publik. Sementara untuk pembentukan PPID di setiap Organisasi Perangkat Daerah juga dimaksimalkan dan dikoordinir oleh Dinas Kominfo Kabupaten Sumba Tengah. Untuk mewujudkan rencana pembentukan Komisi Informasi, dan peningkatan peran PPID, saat itu juga Bupati spontan meminta kepada Dinas Kominfo setempat untuk membuat rencana aksi yang terukur.

Sementara itu Ketua Komisi Informasi Provinsi NTT Agustinus L.B.Baja, mengungkapkan rasa apresiasinya pada Bupati Sumba Tengah yang sudah siap membentuk Komisi Informasi.” Saya sangat berterima kasih kepada bapak Bupati dan kami terus mengawal proses ini sehingga bisa diwujudkan,” ungkapnya kepada Paul Kira yang kala itu didampingi pula oleh Sekretaris Dinas Kominfo Sumba Tengah Jeffrsy Samany.

Baca Juga:  Korban Salah Tembak Polisi, Meninggal di ICU RSUD URM Waingapu

Agustinus Baja yang juuga mantan wartawan itu lebih jauh memaparkan, kehadiran Komisi Informasi di Kabupaten/kota sangat penting, sesuai dengan amanat UU Nomer 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dimana intisarinya yakni mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan. (ion)

Komentar