Diatur PERDES: Pre Wedding di Lokasi Wisata Tanggedu, Wajib Bayar 250 Ribu

oleh -397 views
Air Terjun Tanggedu

Waingapu.Com – Tarif masuk ke lokasi wisata Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, NTT, kini telah diatur dengan Peraturan Desa (PERDES) Mondu Nomor 05 tahun 2022. Obyek wisata yang kina dikenal karena eksotika dan instagramable itu kini bahkan telah menagtur hingga persoalan pengambilan foto pre wedding juga pembuatan atau pengambilan video untuk kepentingan film komersil dan iklan. Siapkan dana Rp. 250 ribu jika mau melakukan sesi pemotretan prewedding di lokasi ini.

Gunung Tanggedu

Informasi terkait pengaturan tarif masuk ke lokasi wisata Tanggedu yang dikenal karena miliki air terjun khas nan memikat itu telah pula dibagikan via media sosial oleh akun Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kakaruk Loku. Hal mana yang kemudian memantik pro dan kontra warganet. 

Baca Juga:  FP2ST: Bupati Sumba Timur Harus Pertimbangkan Penambahan Luas Lahan PT. MSM

Pihak yang kontra memandang penentuan tarif itu mencekik para pengusaha travel wisata. Tentu pula bagi wisatawan terutama dari luar daerah. Sementara pihak yang pro menyatakan tarif yang diatur wajar karena pastinya akan diikuti dengan pelayanan dan kenyamanan para wisatawan. Hal lainnya adalah untuk menjaga kebersihan serta pelestarian keasrian dan kealamian lokasi wisata yang juga di bawah kendali Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) setempat. 

Tarif Masuk Tanggedu

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur, Ida Bagus Putu Punia yang dihubungi media ini mengatakan, keluarnya PERDES itu telah melalui sejumlah tahapan di tingkat desa yang melibatkan sejumlah pihak terkait. 

“Pembahasan Perdes sebenarnya telah dimulai sejak tahun 2018 lalu. Terkait penentuan tarif –  tarif itu, saya tidak lagi mengikutinya. Saya pikir jika kemudian ada pihak yang merasa itu terlalu mahal, bisa dijadikan masukan untuk nantinya dijadikan bahan pertimbangan desa merevisinya,” tandas Bagus yang dari balik, Sabtu (04/06/2022) sore lalu.

Baca Juga:  Hama Belalang Kembali ‘Hantui’ Warga Maubokul

Piihaknya tambah Bagus yang sedang berada di Bali itu menyatakan, tetap akan berkoordinasi dengan Pokdarwis dan juga Pemerintah Desa sehubungan dengan dinamika selepas keluarnya Perdes. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sebut dia selain bisa memberikan masukan, dapat pula mengintervensi. 

“Pembuatan Perdes itu sebenarnya langkah maju, jadi kita berikan ruang dan hormati itu dulu. Nantinya kita bisa kasih masukan dan sangat mungkin untuk dibicarakan kembali dan juga direvisi,” pungkas Bagus. 

Lokasi wisata air terjun Tanggedu ini. Memang sudah kian dikenal dan menjadi salah satu obyek wisata andalan Sumba Timur. Para pesohor negeri ini, semisal Kaka dan Bimbim Slank pernah mengunjungi dan menikamti pesonanya. Tempat ini juga  menjadi lokasi ideal pengambilan gambar untuk produksi film seperti yang pernah dilakukan untuk film Susah Sinyal  yang populer beberapa tahun silam. (ion)   

Baca Juga:  Launching Penetapan & Pengundangan Peraturan Desa Mondu Tentang Pengelolaan Obyek Wisata Alam Air Terjun Tanggedu

Komentar