Kapal Cargo Terbakar Di Perairan Waingapu, 17 ABK Diselamatkan Tim SAR

oleh -99 views
Kapal Cargo Terbakar

Waingapu.Com – Kapal Jenis cargo bernama lambung KM. Mentari Selaras, Sabtu (08/06) pagi sekira pukul 06 : 000 WITA lalu terbakar di perairan Waingapu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT. Kapal dengan Nahkoda Damianus Rorano dan 17 Anak Buah Kapal (ABK) itu disebutkan alami musibah saat pelayaran menuju Ende – Flores.

Informasi yang berhasil diterima media ini dari Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan SAR Waingapu, Heinrick Plaikol, menyebutkan, pihaknya mendapatkan informasi terkait peristiwa ini sekira pukul 06:30 WITA dari Komandan Pos Angkatan Laut Waingapu. “Kami dapat laporan dari komandan POSAL Pak Purwanto sekira pukul 06 : 30 Wita, lima belas menit kemudian tim SAR Gabungan bergerak ke TKP untuk membantu pemadaman dan juga evakuasi nahkoda dan ABK,” jelas Heinrick ketika dihubungi via telepon selularnya.

Kapal Cargo Terbakar

Lebih jauh dijelaskan Heinrcih, api baru bisa benar – benar dikuasai sekira pukul 10: 00 WITA. Dan kemudian kapal nahas itu ditandu dengan menggunakan Tug Boat Prima Power 05 ke Pelabuhan Nusantara Waingapu.

“Beruntung semua awak kapal berhasil diselamatkan. Namun untuk penyebab kebakaran dan juga titik api awalnya dimana, itu bukan kewenangan kami untuk menjelaskan, kami lebih kepada upaya untuk menyelematkan awak kapal,” tandas Heinrick sembari menambahkan bahwa yang terlibat dalam Tim SAR gabungan selain dari Pos SAR Waingapu, juga dari POSAL dan KSOP Waingapu juga sejumlah anggota Polres Sumtim dan ABK Tug Boat.

Tim SAR Sumba Timur

Masih kata Heinrich, kapal kemudian kembali ditarik menjauh dari area pelabuhan Nusantara Waingapu. Jika tidak ada perubahan rencana, Minggu (09/06) esok hari baru di arahkan mendekat kembali ke Pelabuhan, guna kemudahan penyeledikan oleh aparat yang berkompeten. (ion)

Komentar