Ultah Ke-7, KAREKA Sumba Berbagi & Berikan Edukasi Tentang TBC pada Warga

oleh -62 views
Kareka Sumba

Waingapu. Com – Komunitas Relawan Kemanusiaan – Sumba, atau yang biasa disingkat dengan sebutan KAREKA SUMBA, adalah komunitas sosial berbasis kerja relawan yang berada di pulau Sumba, tepatnya di Waitabula, Sumba Barat Daya – NTT, telah berusia tujuh tahun tepat pada Kamis (14/10) lalu. Komunitas yang berfokus pada isu literasi, sosial, kesehatan dan Pendidikan terus melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Dalam momen ulang tahun yang ke – 7, KAREKA Sumba merayakannya dengan mengadakan kegiatan edukasi informasi tentang bahaya Tuberculosis (TBC) bagi masyarakat di Desa Noha, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Dalam rilis yang diterima media ini Minggu (17/10) malam lalu dikatakan, edukasi penting bagi warga masyarakat mengingat bahaya penyakit TBC yang terus meningkat. KAREKA Sumba menyatakan bentuk dukungan tercapainya eliminasi TBC dengan edukasi dan pemberian pemahaman kepada masyarakat agar wawasan terkait TBC meningkat. Selain itu, juga memberikan kiat-kiat yang dilakukan apabila terdapat warga yang memiliki gejala terkait TBC bisa menghubungi Kader TB yang ada di Desa beserta petugas kesehatan di puskesmas terdekat. Kegiatan itu itu erlangsung di gereja Stasi Noha, dengan melibatkan umat stasi yang baru selesai melaksanakn misa mingguan.

Baca Juga:  HMI Kupang Gelar Dialog Kebangsaan Waspada Radikalisme & Terorisme
Kareka Sumba

Tim KAREKA SUMBA, yang terdiri dari Ronald Asto, Vin Kaleka, Jelin Ina, Ima Dhae dan Rensy Edhe. Juga melakukan pembagian paket sembako kepada umat yang hadir. Adapun sembako yang dibagikan berjumlah 50 Paket. Yang terdiri dari Beras, Gula Pasir, Sabun Cuci, Sabun Mandi, Minyak Sayur, Pasta Gigi dan Sikat Gigi.

“Paket yang kami bagikan ini adalah merupakan hasil kerja kolaborasi antara Tim KAREKA SUMBA bersama Bapak FX. Sutardjo dan Ibu Endang Sih yang merupakan salah satu mitra kami di Jakarta. Dan kebetulan momentumnya bersamaan dengan tujuh tahun Komunitas kami berdiri. Selain kami berkunjung untuk kegiatan edukasi bahaya TBC, kami juga sekalian menyalurkan paket sembako ini,” jelas Rensy Edhe, Salah satu relawan KAREKA Sumba.

Baca Juga:  Songsong HUT Ke -14 SMAN 1 Haharu Gelar Kerja Bhakti Bersihkan Mesjid & Gereja

Ruben R. Bokol selaku pembina umat di stasi Noha, mengucap syukur dan berterima kasih atas bentuk nyata kepedulian KAREKA Sumba. “ Kami berharap, kegiatan seperti ini terus dilakukan dan Kami juga mengucapkan selamat ulang Tahun untuk KAREKA SUMBA yang ketujuh. Terus berkarya untuk kemanusiaan,” tandas Ruben R. Bokol.

Diakhir rilisnya, Relawan KAREKA Sumba kembali menegaskan komitmen untuk terus melakukan karya-karya kemanusiaan di pulau Sumba. Semangat kerja kemanusiaan, kerja relawan dan kerja kolaborasi akan terus dilakukan untuk Sumba yang lebih baik. (ion)

Komentar