Empat Jam Donor Darah, 34 Kantong Dikumpulkan Max FM & PT. MSM

oleh -15 views
Masyarakat Melakukan Donor Darah

Waingapu.Com – Sebanyak 34 kantong darah berhasil dikumpulkan dalam aksi donor darah yang digelar oleh Max FM, yang dihelat di pelataran studionya, di kampung Kalu, Prailiu, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, Sabtu (09/03) sore hingga jelang malam lalu. Aksi simpatik ini turut didukung dengan keterlibatan langsung sejumlah karyawan PT. Muria Sumba Manis (MSM). Lebih dari lima puluh orang hadir menyatakan niatnya mendonorkan darah, namun karena berbagai pertimbangan medis, hanya 34 kantong darah yang bisa terkumpul lebih dari empat jam.

“MSM melakukan rangkaian kegiatan sebagai bentuk pedulinya akan wabah Demam berdarah dengue yang telah ditetapkan Pemkab. Sumba Timur sebagai KLB. Seperti halnya yang dilakukan hari ini dalam bentuk donor darah. Karyawan dari Kantor di Waingapu dan juga dari kebun operasional ambil bagian hari ini,” jelas Dodi Pirlana Matulesi, selaku community relations PT. MSM, kepada media ini disela – sela kegiatan itu.

Masyarakat Melakukan Donor Darah

Lebih lanjut Dodi menambahkan, aksi donor darah ini merupakan rangkaian kegiatan lanjutan dari kegiatan simpatik sebelumnya seperti fogging dan juga bersih – bersih lingkungan lewar kerja bhakti. “Selain donor darah kali ini, Sabtu 02 Maret lalu kami lakukan fogging, juga bersih – bersih lingkungan bersinergi dengan Kodim 1601 dan warga kelurahan Matawai. Semoga yang kami lakukan ini, walaupun kecil bisa memberikan sumbangsih dalam memerangi penyebaran dan penularan DBD,” imbuhnya.

“Aksi simpatik donor darah di Max FM ini rutin tiap tiga bulan dilaksanakan. Namun kali ini ada sedikit istimewanya dimana darah yang dikumpulkan selain untuk stok sel darah merah juga stok trombositnya bagi pasien demam berdarah. Stok trombosit sendiri akan secepatnya diberikan kepada mereka yang membutuhkan, karena stok trombosit paling lama bertahan lima hari saja,” urai Dokter Maria Y. M. Hera, dari RSUD Umbu Rara Meha yang memimpin tim medis memberikan layanan bagi para pendonor saat itu.

“Saya senang sekali bisa kembali donor. Semoga darah saya ini bisa membantu mereka yang sangat membutuhkan darah maupun trombosit. Habis donor saya malah rasa lebih lega dan sehat. Jadi donor darah itu bukan saja sehat bagi yang di donor namun bagi kita pendonor,” jelas Marthen Tara Panjang, seorang pemuda yang telah mengaku telah berdonor sebanyak enam kali itu .

Adapun dalam aksi donor darah yang didukung oleh Wings Food itu, 34 kantong darah yang berhasil terkumpul, terdiri dari 10 kantor darah golongan A, 11 kantong golongan darah O, 10 kantong golongan darah B dan tiga kantong golongan darah AB. Recanannya aksi simpatik serupa akan kembali digelar pada tiga bulan mendatang. (ion)

Komentar