Aksi Sosial Donor Darah jadi Puncak Perayaan HUT PT Muria Sumba Manis ke-9

oleh
oleh
Created with GIMP

Waingapu.Com – Aksi sosial dalam bentuk donor darah menjadi puncak dari rangkaian kegiatan memeriahkan HUT ke-9  PT Muria Sumba Manis (MSM). Kegiatan sosial ini dilaksanakan Senin (27/11/2023) di kantor perusahaan yang bergerak dalam investasi bidang perkebunan dan pabrik gula itu. 

Terselenggara kegiatan sosial ini mendapatkan dukungan para medis dari RSUD Umbu Rara Meha (URM) Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, NTT.

Created with GIMP

“Ini salah satu kegiatan dalam rangkaian HUT ke-9 PT MSM, salah satunya dari Departement EHS dengan kegiatan donor darah ini. Jadi kegiatan donor darah ini kebetulan rutin dilakukan oleh kami di PT MSM tiap 6 bulan sekali. Dan untuk kali ini pas momennya dengan rangkaian HUT PT MSM,” jelas Manager EHS (Environment Health & Safety) PT MSM, Achmad Samsul Hadi, usai dirinya mendonorkan darah dan memantau kegiatan sosial itu.  

Dalam kesempatan yang sama, Samsul Hadi juga mengatakan, kegiatan donor darah serupa juga nantinya akan digelar pada Selasa (5/12/2023) mendatang. Aksi sosial serupa itu juga nanti melibatkan karyawan PT MSM di lokasi perkebunan wilayah Kabaru, Kecamatan Rindi dan tetap melibatkan para medis dari RSUD URM Waingapu. 

Baca Juga:  Bupati Sumba Timur ‘Uji’ Kecanggihan Peralatan Medis RSUD

Aksi sosial berupa donor darah di lokasi perkebunan dan pabrik gula menjadi pilihan, jelas Samsul Hadi lebih lanjut karena memang didasari oleh panggilan kemanusiaan. Selain itu juga mendekatkan akses para karyawan yang memang sejak lama ingin mendonorkan darah namun terkendala jarak ke RSUD URM Waingapu.  

Salomo Sihombing, salah satu karyawan PT MSM kepada wartawan menyatakan syukurnya bisa berbagi. Apalagi, sebut dia permintaan akan darah bagi warga  ataupun pasien yang membutuhkan di Rumah Sakit yang ada di kota Waingapu cukup tinggi namun sering diperhadapkan pada stok persediaan darah yang terbatas. 

“Senang bisa berbagi dan ikut ambil bagian dalam kegiatan kemanusiaan ini. Semoga darah yang saya dan teman – teman berika bisa bermanfaat bagi warga yang membutuhkan,” ungkap Salomo selepas mendonorkan sekantong  darahnya itu. 

Baca Juga:  KEK Diperjuangkan KDPDT, KOK Investasi PT. MSM Juga Didukung ?

Kegiatan donor darah bertemakan ‘Setetes Darahmu Selamatkan Sejuta Jiwa’ itu diakui pihak RSUD URM Waingapu sungguh membantu dan bermanfaat. Hal itu diungkapkan oleh ketua Tim Medis dan Ketua UDD RSUD URM Waingapu, Dokter Maria Yosefina Mau Hera.

“Bukan baru kali ini PT MSM adakan aksi donor darah, ini kali yang kesekian. Dan jujur kami akui jika ada aksi sosial donor darah selalu yang paling banyak itu datang dari PT MSM. Jadi sekalipun kami harus mobilisasi ke Wanga dari Waingapu seperti saat ini kami tidak ragu karena pasti kami pulang akan membawa hasil darah lumayan banyak,” jelas Dokter Maria.

Diakui Dokter Maria, setiap bulan November pasti pihak manajemen PT MSM akan menggelar aksi sosial donor darah. Hal itu tentu sangat membantu untuk ketersediaan stok darah di RSUD URM Waingapu. 

“Selalu di bulan November PT MSM adakan aksi donor darah, dan itu sangat membantu untuk ketersediaan stok akhir tahun. Karena lazimnya diakhir tahun sedikit sekali pendonor. Dan untuk kali ini kami bisa bawa pulang 51 kantong darah dari PT MSM ini,” urai Dokter Maria selepas kegiatan sosial itu pada wartawan. 

Baca Juga:  Turut Hijaukan Sumba Timur, UPT KPH dan PT. MSM Bagi Seribu Anakan Bagi Warga Desa Wanga

Untuk diketahui selain aksi sosial donor darah sebagai puncak kemeriahan HUT ke-9 PT MSM yang jatuh tiap tanggal 17 November itu, sejumlah kegiatan juga telah dilaksanakan secara internal. Kegiatan itu diantaranya Pemilihan Umbu dan Rambu  serta Penghargaan Best Employee Estate Kebun dan Pabrik sebanyak 3 orang  yang berhadiah uang  pada 15 November lalu. Selain itu juga ada kegiatan senam sehat, sosialisasi penyakit akibat kerja, pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat oleh tim AKPER Waingapu dan Puskesmas Melolo pada 25 November 2023 lalu.(ion)

Komentar