Jalan Sehat & Joged Massal, Buruh Sumba Timur Rayakan May Day

oleh -3 views
Jalan Sehat Hari Buruh

Waingapu.Com – Ragam cara bisa dilakukan untuk merayakan Hari Buruh atau May Day, dan tentunya tidak harus dengan menggelar aksi demontrasi atau unjuk rasa. Di kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) NTT, seribuan buruh dan karyawan baik swasta, BUMN dan juga BUMD berbaur untuk merayakannya dengan cara jalan santai dan joged massal. Jalan santai yang digelar, Rabu (01/05) pagi itu lalui rute sekira dua kilometer. Para peserta memulai start dari Lapangan Pemuda – Matawai dan finish di Lapangan Pahlawan – Waingapu.

“Saya sangat salut dan untuk para buruh. Hari ini Rayakan May Day tidak dengan demontrasi tapi dengan jalan sehat. Sebagai pemerintah kami menghimbau agar kesejahteraan para buruh diperhatikan oleh para pemberi kerja atau pengusaha,” ungkap Bupati Sumba Timur, Gidion Mbiliyora, yang juga ambil bagian dalam kegiatan itu.

Joget Massal Hari Buruh

“Tentunya jika buruh sehat, kerja juga lebih produktif. Usaha bisa lebih maju dan berkembang dan tentunaya kemudian wajib untuk memperhatikan kesejahteraan buruh,” tandas Gidion lebih lanjut.

Gidion Mbilijora

Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Sumtim, Umbu Hapu Mbeju kepada wartawan menyatakan, pihaknya menaruh harapan, aksi simpatik para buruh, karyawan BUMD dan BUMN maupun perusahaan swasta ini, bisa menjadi salah satu bukti bahwa Sumtim adalah wilayah yang damai dan tentram.

Umbu Hapu Mbeju

“Kegiatan serupa kita harapkan bia kembali digelar di tahun berikutnya. Tentunya dengan spirit yang sama dan dikemas lebih menarik lagi,” imbuh Umbu Hapu.

Beberapa buruh yang ditemui kepada awak media menjelaskan, aksi sipatik yang dilakukan hari ini tetap mengemas spirit peningkatan upah layak bagi buruh. “Kami hari ini bersama rekan – rekan buruh lainnya tidak melakukan aksi demo, karena bagi kami aspirasi itu bisa disampaikan tidak harus dengan demonstrasi. Kegiatan jalan sehat dan jogged massal hari ini sejatinya punya spirit yang sama, yakni kesejahteraan buruh dalam bentuk peningkatan upah adalah hal mutlak yang terus kami perjuangkan,” tandas Samuel Rangga, sekretaris Koperasi Tenaga Kerja Bongkat Muat (TKBM) pelabuhan Waingapu, mewakili aspirasi senada buruh lainnya.

Samuel Rangga

Sukacita para buruh dan keluarga kian lengkap seiring dengan aksi joged dan line dance bersama. Selain itu juga digelar bazaar murah dan pemeriksaan kesehatan gratis dari sejumlah instansi hingga siang harinya. “Jalan sehat, tentunya bisa buat kita sehat, joged bersama juga bisa sejenak hilangkan kepenatan pada rutinitas kerja kami. Dan yang juga tak kalah penting bisa cuci mata bro,”timpal Andy, seorang karyawan swasta usai ambil bagian alam joged bersama di iringi lagu Bodi – Bodi Babadontot dan Magdalena juga Kaka Enda itu. (ion-ped)

Komentar