KPU Sumba Tengah & Sumba Timur Mulai Gelar Pleno Perhitungan Suara PILNAS

oleh -13 views
Pleno KPUD Sumba Tengah dan Sumba Timur

Waingapu.Com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Tengah (Sumteng), Jumat (03/05) mulai menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara hasil Pemilihan Nasional (Pilnas), untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Kegiatan itu di helat di Aula gedung KPU, Jalan Umbu Remu Samapaty, Waibakul – Sumteng.

“Kami mulai rekapitulasi hari ini untuk lima kecamatan. Kami berupaya dalam dua hingga tiga mendatang selesai di tingkat Kabupaten untuk selanjutnya kami bawa ke KPU Propinsi,” ungkap Juru Bicara KPU Sumteng, Fredy Umbu Bewa Guty kepada wartawan, di sela – sela kegiatan rekapitulasi kala itu.

Pleno KPUD Sumba Tengah dan Sumba Timur

Ditanya terkait potensi keberatan ataupun intrupsi yang dilakukan oleh para peserta Pleno, Fredy Umbu tidak menampik potensi itu. Kendati demikian pihaknya berkeyakinan, rekapitulasi itu akan tetap berjalan aman dan kondusif sesuai tata tertib, peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Pleno KPUD Sumba Tengah dan Sumba Timur

“Berkaitan dengan kelemahan rekapitulasi di tingkat kecamatan, mungkin hanya berkaitan dengan hal – hal teknis saja terkait perubahan angka. Tapi terkait hal – hal yang berkaitan masalah di tingkat TPS sudah selesai dalam rekapitulasi di tingkat Kecamatan,” tandas Fredy Umbu sembari menyatakan optimismenya, rekapitulasi akan terlaksana sesuai jadwal paling lambat Selasa (07/05) mendatang.

Pleno KPUD Sumba Tengah dan Sumba Timur

Terpantau suasana rekapitulasi yang dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Sumteng berlangsung aman dan kondusif. Sementara aparat Polisi dari Polres Sumba Barat dan Polsek Katiku Tana, nampak siaga melakukan pengamanan baik dengan sistem terbuka dan tertutup.

Pleno rekapitulasi tingkat Kabupaten, pada hari yang sama juga digelar di Kabupaten Sumba Timur (Sumtim). Kegiatan itu dilaksanakan di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Kota Waingapu. Dalam ceremonial pembukaan rekapitulasi, selain dihadiri oleh seluruh komisioner, juga ketua dan anggota Bawaslu setempat, dan juga Sekretaris Daerah (Sekda) Sumtim, Domu Warandoi, beserta Forkompimda setempat. (ped – ion)

Komentar