Lebih Dari 26 Ribu Warga Sumba Timur Sudah Tervaksinasi Covid-19

oleh -47 views
Vaksinasi

Waingapu.Com – Layanan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur, NTT, telah dan masih akan terus berlanjut. Hingga Senin (12/07) total 26.496 warga telah tervaksinasi. Jumlah ini merupakan akumulasi penerima vaksin dosis pertama dan dosis kedua, juga merupakan totalan warga penerima vaksin dari usia 12 hingga warga yang tergolong Lanjut Usia (Lansia). Data ini merujuk pada rekapan vaksinasi yang diterima media ini dari Dinas Kesehatan setempat.

Jonker Telnoni, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Sumba Timur, melalui fasilitas WhatsApp (WA) menjabarkan, sebanyak 19.824 warga telah divaksinasi dosis pertama. Dari jumlah itu kata dia, untuk warga berusia lebih dari 18 tahun sebanyak 19.634 orang dan untuk usia 12 hingga 17 tahun sebanyak 190 orang.

Baca Juga:  Vaksinasi Massal di Empat Lokasi, 810 Warga Sumba Timur Terlayani

Sementara untuk warga yang telah mendapatkan vaksinasi untuk dosis kedua sebanyak 6.672 orang. Jumlah itu kata Jonker masih sebatas warga berusia 18 tahun ke atas. Jenis vaksin yang diberikan yakni Sinovac dan Astra Zeneca.

Tinus Ndjurumbaha, Sekretaris Dinas Kesehatan Sumba Timur secara terpisah menyatakan bahawa penerima vaksin dosis pertama maupun kedua didominasi oleh para pelayan publik. Untuk dosis pertama saja sebanyak 10.917 pelayan publik yang telah tervaksinasi. Sementara yang telah menerima dosis kedua sebanyak 4.319 warga yang terkategori pelayan publik.

Tenaga Kesehatan (Nakes) sebagai benteng terakhir dalam penanggulangan Covid-19 juga belum semuanya terlayani vaksinasi secara lengkap atau dua dosis. Dirincikan Tinus, Nakes yang telah menerima vaksinasi dosis pertama sebanyak 2.051 orang, sedangkan yang telah menerima dosis kedua sebanyak 1.880 Nakes.

Baca Juga:  Puskesmas Kambaniru Ditutup Pasca Kepala dan Tiga Stafnya Positif Covid-19

Adapun informasi terkini yang terpublih oleh Posko Percepatan Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Sumba Timur, hingga Selasa (13/07) pukul 19 :00 WITA, terjadi penambahan 96 kasus positif Covid-19. Kecamatan Kambera menjadi wilayah yang mengalami penambahan kasus positif paling tinggi yakni 45 kasus. Dengan penambahan kasus positif ini, tercatat telah terjadi 2.370 kasus positif sejak Kabupatan Sumba Timur terpapar Covid-19. Dari jumlah ini, sebanyak 680 orang masih jalani perawatan baik di ruang isolasi dan karantina terpusat juga yang melakukan isolasi mandiri. Sementara yang telah terkonfirmasi sembuh sebanyak 1.636 orang, dan 54 warga yang dinyatakan meninggal dunia dan terkonfirmasi positif Covid-19. (ion)

Komentar