Cukup Melalui Handphone, Layanan JKN-KIS Dapat Diakses dengan PANDAWA

oleh -58 views
Layanan JKN KIS

Waingapu – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan BPJS Kesehatan dalam memberikan layanan secara optimal kepada Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Saat ini BPJS Kesehatan menciptakan berbagai inovasi layanan tanpa tatap muka.

“Salah satu cara untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 adalah dengan jalan mengurangi kontak fisik dengan orang lain, BPJS Kesehatan mengeluarkan berbagai inovasi dengan berupaya menurunkan intensitas peserta datang ke kantor cabang dengan cara menyediakan kanal Pandawa, ” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Waingapu, Tri Mayudin Senin (21/12).

 “Terdapat sepuluh jenis pelayanan administrasi yang dapat dilayani di PANDAWA, antara lain pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan segmen kepesertaan, perubahan data identitas, perubahan data golongan dan gaji peserta, Perubahan FKTP, penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, serta pengaktifan kembali kartu,” urai Tri.

Baca Juga:  Merasa Tenang dan Terlindung, Diala Rade Bersyukur Menjadi Peserta JKN-KIS

Tri menambahkan, layanan PANDAWA dapat dilakukan melaui chat Whatsapp pada jam pelayanan kantor yaitu dari Senin sampai dengan Jumat kecuali hari libur nasional. Segmentasi peserta yang dapat memanfaatkan layanan ini, antara lain Pekerja Penerima Upah (PPU), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), dan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

BPJS Kesehatan memiliki empat kanal layanan tanpa tatap muka yang dapat meningkatkan akses peserta pada Program JKN-KIS, antara lain Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500400, Chat Assistant JKN (CHIKA) melalui Whatsapp di nomor 08118750400 atau Telegram dengan chat melalui username @BPJSkes_bot untuk pelayanan informasi dan pengaduan, serta Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA).

Baca Juga:  HUT BPJS Kesehatan ke 50 Tahun: KC Waingapu Senam & Jalan Sehat Bersama Bupati & Wakil Bupati Sumba Timur

Salah satu peserta JKN-KIS Satria Wibawa (39) saat dihubungi Tim Jamkesnews, menyampaikan sudah menggunakan layanan PANDAWA dalam pengurusan administrasi JKN-KIS. “Sekarang kita sudah benar-benar sangat dipermudah oleh BPJS Kesehatan. Banyak sekali pelayanan yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan dapat mempermudah pesertanya, seperti layanan PANDAWA ini. Cukup menulis pesan pada aplikasi Whatsapp, kita sudah dapat langsung terhubung dengan pelayanan BPJS Kesehatan, tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehetan,” ungkap Satria.

“Kami berharap Program JKN-KIS dapat selalu diselenggarakan dengan optimal terutama pada masa pandemi ini. Dengan hadirnya PANDAWA, semoga peserta semakin mudah mendapatkan layanan BPJS Kesehatan tanpa harus bertatap muka langsung dengan petugas hanya dengan ponsel pintar kita,” pungkas Satria.

Baca Juga:  Sumba Barat Deklarasikan Universal Health Coverage (UHC) Di Penghujung Tahun 2018

Komentar