Episode 1 Serial Perang Dunia II: Peristiwa Yang Melatar Belakangi Perang Dunia II

oleh -2 views
Lutfi Manu

Semua kita pasti sepakat bahwa Hitler adalah sosok diktator paling dikenal sepanjang abad. Dibenaknya ia sangat meyakini bahwa bangsa Jerman atau bangsa Arya – merupakan Ras paling unggul dimuka bumi. Ia meyakini banhwa bangsa Jerman telah dipilih oleh dewa untuk memimpin dan menguasai umat manusia. Teori Rasialisme ini Hitler ungkapkan dalm bukunya yang Ia tulis semasi dalam penjara – Main Kampf (Perjuangan ku).

Peristiwa terjadinya PD II tidak bisah lepas dari peristiwa sebelumnya yaitu PD I yang dimulai pada 28 Juli 1914 sampai 28 Juni 1919. Peristiwa ini ditandai dengan persetujuan Versailles yang cukup memberatkan Jerman, dengan melarang Jerman melakukan pengembangan angkatan bersenjata dalam jumlah besar. Agar tidak lagi menjadi ancaman Eropa. Tidak sampai disitu, Jerman juga harus membayar ganti rugi kepada Negara – negara Sekutu pemenang perang dalam jumlah yang sangan besar.

Sekutu sangat yakin akan perjannjian Versailles ini, bahwa jertman akan ditaklukan untuk selamanya. Terutama Prancis yang punya sejarah kelam dengan Jerman yang pernah diserang pada tahun 1870 dan 1914. Inggris juga meyakini aakn hal ini. Amerika walaupun ragu pada akhirnya juga sepakat dengan perjanjian Varsailles. Hasil dari perjanjian ini melahirkan Liga Bangsa – bangsa, walau akhirnya juga gagal mencagah terjadinya PD II.

Hitler yang begitu geram melihat negaranya yang kacau balau, ekonomi yang carut marut karena inflasi tinggi. Ia pun melancarkan pemberontakan pada tahun 1923 untuk merebut kekuasaan dari rezim Republik Weimar, namun gagal. Hitler dipenjarakan selama 9 bulan, dari sini ia mengambil pelajaran bahwa untuk menduduki kekuasaan haruslah dengan cara yang sah. Maka sewaktu di penjara itulah Ia manfaatkan untuk menulis Meintkampf, buku yang merubah Jerman dalam sejarah. 10 tahun kemudian jadilah Hitler Kanselir Jerman.

Tahun 1933 partai Hiler – National Socialist (Nazi) semakin Berjaya. Pada tahun 1934 Hitlre merangkap jabatan menjadi Presiden dan kanselir menempati jabatan Hidenburg yang meninggal dunia. Hitler menyebut dirinya Fuhrer (pemimpin) bangsa Jerman.

Setelah kekuasaan ada ditangannya, hitler membangun kembali angkatan bersenjatanya. Tindakannya yang mulai agresif dipermudah dengan keadaan Inggris yang lemah dibawah kepemimpinan PM Neville Chamberlin yang berkuasa sejak Mei 1937. Hitler semakin besar kepala. Pada bulan maret 1938 Hitler mengirim pasukan ke Austria dan menaklukkannya hanya dalam 2 hari dan memasukinya kedalam wilayah Reich Jerman. Serangan terus berlanjut dengan menaklukkan Cekoslovakia.

Sekilas beberapa faktor yang menceritakan awal mula Hitler menampaki karir gemilangnya hingga menjadikan Dia pemimpin paling dictator diabad modern. Dunia akan sangat mengenang apa saja yang pernah terjadi dalam peristiwa PD II yang di sebabkan oleh kekejaman seorang Hitler.

Penulis: Lutfi Manu

Komentar