Jadi Desa Destinasi Pariwisata, Praimadita Siap Sambut Wisatawan

oleh -165 views
Umbu Nengi Rutung

Waingapu.Com – Pemerintah Desa (Pemdes) Praimadita, Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) – NTT oleh Pemerintah Propinsi (Pemprov) – NTT ditetapkan menjadi desa destinasi pariwisata. Sehubungan dengan hal ini, Umbu Nengi Rutung, selaku Kepala Desa (Kades) kepada wartawan menyatakan kesiapan desa dan warga menerima kehadiran wisatawan dari luar.

“Pasca ditetapkan propinsi sebagai desa destinasi wisata juga disertai dengan bantuan untuk pembangunan home stay dan elemen penunjang lainnya. Home stay sudah selesai dan siap digunakan. Selain itu kami juga siap menerima tamu atau wisatawan dari luar dengan keramahan dan kekhasan kami,” jelas Umbu Nengi kepada wartawan di Kantor Bupati Sumtim, Kamis (13/08) siang lalu.

Baca Juga:  Dari Komnas HAM, LPSK Hingga Mabes Polri, Keadilan Untuk Poro Duka Diperjuangkan

Nantinya, demikian Umbu Nengi, Gubernur akan datang untuk berkunjung sekaligus tanda tangani prasasti. “Tanggal sembilan September nanti rencananya Pak Gubernur akan datang berkunjung,” timpalnya.

Lokasi home stay itu berada di pesisir pantai Tatundu. Yang mana merupakan pelabuhan alam yang menjadi titik awal dan juga akhir pelayaran perahu warga dari Nggongi, pulau Sumba menuju ke Pulau Salura, Kotak, maupun Mengkudu.

“Home staynya dekat pantai Tatundu, jadi lansung berhadapan dengan laut Tatundu. Ada tiga unit bangunan home stay, satu resto, dan loponya ada empat,” urai Umbu Nengi sembari menambahkan, pandemi Covid-19 memang berdampak pada tertundanya rencana dan program pelatihan bagi sejumlah warga potensial guna digembleng menjadi guide, koki, juga tenaga terlatih lainnya untuk mengelola home stay lebih profesional.

Baca Juga:  PT. MSM Bantah Lahannya Diserang Hama Belalang Kembara

“Semoga nanti tetap bisa terlaksana jika pandemi covid ini sudah berakhir atau minimal sudah lebih bersahabat,” pungkas Umbu Nengi. (ion)

Komentar