Kapolda NTT Perintahkan Kabid. Propam Cermati Netralitas Polisi Dalam Pilkada

oleh -98 views
Kapolda NTT

Waingapu.Com – Di Pulau Sumba, NTT dua Kabupaten yakni Sumba Timur (Sumtim) dan Sumba Barat akan laksanakan Pilkada, Rabu (09/12) esok. Terkait hal itu, Kapolda NTT. Irjen Pol. Lotharia Latif, menegaskan netralitas Polisi adalah mutlak. Terkait hal itu, Kapolda menugaskan Propam untuk mencermati anggota Polri yang ditenggarai tidak netral dalam menjalan tugas dan fungsinya.

“Sudah jelas dan tegas Panglima TNI dan juga Kapolri untuk TNI dan Polri Netral. Termasuk ASN juga demikian untuk tidak gunakan fasilitas-fasilitas negara atau secara personal kemudian berpihak dalam kegiatan politik atau pesta demokrasi ini,” tandas Kapolda kepada wartawan usai menyaksikan pemusnahan 17 ribu lebih surat suara yang terkategori rusak dan tidak layak pakai, di halaman sekretariat KPU Sumtim, Selasa (08/12) siang lalu.

Baca Juga:  Pemerataan Pembangunan: Prioritas Perjuangan Hanura

Latif yang kala itu didampingi Kapolres Sumtim, AKBP. Handrio Wicaksono itu menegaskan telah memerintahkan Kabid. Propam untuk monitoring di lapangan. “Kabid. Propam saya perintahkan untuk monitoring di lapangan. Dan jika sudah jelas ada, pasti akan dikenai tindakan tegas sesuai aturan dan hukum yang berlaku,” tegasnya sembari menambahkan bahwa sanksi yang nantinya diberikan, setelah melalui sidang disiplin dan juga kode etik.

Sebelumnya dalam kesempatan berdialog dengan pimpinan dan Komisioner KPU Sumtim, Kapolda menjelaskan, sebanyak 100 anggota Brimob di BKO-kan ke Pulau Sumba. Dari jumlah itu, dibagi di dua Kabupaten yang melaksanakan Pilkada secara merata, guna membantu pengamanan pelaksanaan Pilkada dan tahapannya. (ion)

Baca Juga:  Money Politik Masih Jadi Tantangan Panwaslu Berkiprah

Komentar