Karang Taruna Kabupaten Sumba Timur Dikukuhkan, Bertekad Jadi Agen Perubahan

oleh -148 views
Pengukuhan Karang Taruna

Waingapu.Com – Karang Taruna Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) dikukuhkan oleh Wakil Bupati Sumtim, yang diwakili oleh Asisten I (satu) Setda. Ceremonial pengukuhan itu terlaksana di aula Kelurahan Kambadjawa, Kecamatan Kota Waingapu, Kamis (27/05) siang lalu. Tekad untuk menjadi agen perubahan digaungkan oleh Desi Arisandi Riwu, yang dipercaya menjadi ketua organisasi kepemudaan itu. Kepada anggota dan pengurus karang taruna, dia mengajak untuk menjalankan kepercayaan yang diberikan dengan penuh tanggung jawab.

“Lakukan yang terbaik bagi orang-orang muda di kabupaten Sumba Timur yang kita cintai ini. Tidak secara kebetulan Tuhan ijinkan kita terpilih menjadi pengurus dan anggota karang taruna ini. Ada tanggungjawab besar yang Tuhan percayakan pada kita untuk menjadi agen perubahan bagi kabupaten Sumba Timur,” tandas Desi.

Baca Juga:  Camat Kota Waingapu Harapkan TNI-AD Tetap Kawal Demokrasi & Prokes
Pengukuhan Karang Taruna

Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang independen, demikian lanjut Desi, anggota karang taruna periode 2021-2025 ini, harus miliki pribadi berintegritas dan loyal pada organisasi. Juga membutuhkan koordinasi dan komunikasi uang baik dengan sejumlah elemen.

“Kedepannya dalam programnya, tentu Karang taruna akan menjalin kemitraan baik dengan pemerintah maupun swasta, juga organisasi-organisasi kepemudaan yang ada di Sumba Timur,” imbuhnya.

Asisten satu setda Sumtim, Yacobus Yiwa, yang hadir mewakili Wakil Bupati, pasca pengukuhan menaruh harapan agar program karang taruna bisa secepatnya terlaksana. “Pasca pengukuhan ini hendaknya langsung buat program yang untuk selanjutnya bisa terlaksana secara riil di masyarakat,” harapnya saat membacakan sambutan Wakil Bupati di dampingi oleh Kepala Dinas Sosial, Oktavianus Tamu Ama itu.

Baca Juga:  Seratus Relawan Penanggulangan Bencana Jalani Pelatihan di Sumba Timur

Sebagai wadah pengembangan potensi generasi muda, kata Yacobus, Karang Taruna punya peran aktif untuk peningkatan kesejahteraan sosial bagi pemuda khususnya dan masyarakat Sumtim pada umumnya.

“Jadilah motivator, inisiator pembangunan dan katalisator dalam keserasian sosial, dan harus mampu menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki. Karang taruna harus terlibat aktif dalam setiap fase pembangunan baik mulai dalam tahanpanperencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan,” paparnya.

Dalam acara pengukuhan itu, juga dihadiri oleh sejumlah pejabat di antaranya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ida Bagus Putu Punia, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Frengky Ranggambani dan Kabid. PS. Dinas Sosial, Umbu Li. Nantinya dalam menjalankan programnya, karang taruna menitik beratkan pada sejumlah bidang di antaranya, advokasi dan kemitraan, pendidikan, Kesehatan, ekonomi, sosial budaya dan pariwisata. (ion)

Baca Juga:  Data Posko Covid-19 Sumba Timur, 11 Kecamatan Telah Terpapar

Komentar