Koperasi Kredit Sangosay Buka Cabang Di Kecamatan Pahunga Lodu

oleh -125 views
KSP Sangosay

Waingapu.Com – Koperasi Kredit (Kopdit) Sangosay terus mengepakan sayap ke sejumlah wilayah di Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT. Bertempat di aula kantor Kecamatan Pahunga Lodu, Jumat (18/05) lalu, Kopdit Sangosay mempertegas kehadiran dan mulai beroperasi di wilayah itu. Kegiatan koperasi yang telah dipercaya warga di hampir seluruh Kabupaten se Propinsi NTT itu, diawali dengan kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh managemen Kopdit Sangosay berupa pendidikan anggota.

Hadir dalam kesempatan itu, Yopi Kondameha, selaku Camat Pahunga Lodu, juga Yakob manguyada, selaku Sekretaris Kecamatan. Tak hanya itu, hadir pula para Kepala Desa beserta ratusan anggota dan calon anggota Kopdit Sangosay se Pahunga Lodu.

KSP Sangosay

Dalam sambutan dan arahannnya, sekaligus membuka kegiatan itu, Camat Pahunga Lodu, Yopi Kondameha, menyatakan apresiasi positif akan kehadiran Kopdit Sangosay di wilayah yang dipimpinya itu. Pihaknya mengajak segenap masyarakat untuk mencintai dan menjadi anggota Koperasi dengan cara bergabung. “ Jangan takut, Koperasi ini sudah berbadan hukum sejak tahun 1988. Selain itu juga memiliki modal yang kuat serta pengelolaan yang profesional. Tak hanya itu, bunga pinjamannyapun sangat terjangkau sehingga bisa menumbuhkan gairah ekonomi di kecamatan ini,” tandasnya.

Lebih jauh Yopi berpesan, pada managemen Kopdit Sangosay untuk memberdayakan masyarakat lewat wadah simpan pinjam. Hal itu bertujuan agar masyarakat nantinya bisa mandiri dalam keuangan dan bisa mendapatkan akses modal untuk usaha – usaha produktif.

Sementara itu, dalam arahan materi pendidikan yang dibawakan oleh Manager Cabang Waingapu, Yohanes Eustaqius Babo, menegaskan bahwa pendidikan anggota merupakan salah satu pilar koperasi kredit. Koperasi kredit, kata dia, bertumbu dan berkembang lewat pendidikan, sehingga anggota bisa memahami koperasi yang sebenarnya. Anggota juga dilatih untuk mengatur keuangan. “ Kalau dahulu kita kerja dapat penghasilan untuk hidup sekarang kita kerja dapat penghasilan jangan lupa tabung dulu, tabungnya di Koperasi, sisanya baru digunakan,” ungkap Babo.

Babo juga menekankan pentingnya persiapan tabungan untuk keperluan hidup terkhususnya pendidikan anak di masa yang akan datang. “Tak dapat dipungkiri biaya pendidikan terus meningkat. Maka dari itu mari kita menyisihkan pendapatan kita untuk pendidikan mereka dimasa yang akan datang. Menabung tidak harus banyak – banyak, yang terpenting kita harus memulai. Kita cenderung menjadi pemboros yg baik dari pada penabung yang baik,” tandas Babo

Dalam kekgiatan itu lebih lanjut, management Kopdit Sangosay secara bergantian memaparkan produk – produk pelayanan Kopdit Sangosay. Mulai dari Simpanan saham, Simpanan non saham, Pinjaman dan Daperma. Kegiatanpun diakhiri dengan tanya jawab dan diskusi tentang Kopdit Sangosay, dalam suasasa akrab dan antusias warga peserta saat itu. (ion)

Komentar