Kuras Dana APBN Lebih dari 68 Miliar, Gedung Terminal Bandara UMK Akhirnya Difungsikan

oleh
oleh

Waingapu.Com – Gedung baru Terminal Bandara Umbu Mehang Kunda (UMK) di Kelurahan Mau Hau, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, NTT akhirnya difungsikan Kamis (14/9/2023) siang lalu. Gedung terminal yang dibangun dengan dana APBN 2022 sebesar lebih dari Rp68 Miliar itu operasionalnya memang telah lama menjadi pertanyaan khalayak seiring tuntasnya proyek pembangunannya. 

Sebelum gedung baru terminal Bandara UMK itu digunakan, dilakukan acara syukuran yang dihadiri oleh Wakil Bupati Sumba Timur, David Melo Wadu dan sejumlah anggota Forkopimda. Mulai dioperasikan terminal bandara dengan ragam fasilitas pendukungnya itu ditandai dengan acara pengguntingan pita oleh Wakil Bupati didampingi sejumlah anggota Forkopimda.

Selepas pengguntingan pita dilanjutkan dengan acara ramah tamah atau syukuran dengan menikmati santap siang bersama dengan menu pilihan yang sajian aneka menu pilihan dari catering Elcafe Sumba. Para petinggi Pemkab Sumba Timur dan tamu undangan lainnnya nampak menikmati menu menarik yang ditata dengan layanan profesional dari restoran yang telah mewarnai bisnis kuliner di Sumba Timur sejak tahun 2015 lalu.

Baca Juga:  Dana Terpangkas karena Covid-19, Proyek Preservasi Jalan di Sumba Timur Tetap Jalan

Beroperasinya gedung terminal penumpang Bandara UMK itu diharapkan Wakil Bupati Sumba Timur bisa memberi imbas pada naiknya kunjungan wisatawan dan bergeraknya roda ekonomi lebih baik.

““Mudah-mudahan dengan dioperasikannya gedung terminal baru ini bisa menjadikan penumpang lebih nyaman. Juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan dari luar untuk datang ke Sumba dan melalui pintu masuk Bandara Umbu Mehang Kunda ini. Juga tentunya memicu geliat ekonomi disejumlah sektor,” harap Wakil Bupati David Melo Wadu yang saat itu didampingi Sekretaris Daerah Sumba Timur, Umbu Ngadu Ndamu dalam kesempatan wawancara dengan sejumlah jurnalis yang hadir saat itu. 

Wakil Bupati yang sebelumnya melalukan pengguntingan pita didampingi sejumlah anggota Forkopimda diantaranya Kapolres dan Dandim 1601 Sumba Timur, AKBP Fajar WLS dan Letkol Czi Aditya Triwirawan,   Ketua DPRD Ali Oemar Fadaaq juga Sudarmana selaku Plt. Kepala Kantor UPBU Kelas II Umbu Mehang Kunda – Waingapu, juga berkesempatan melihat dan menggunakan fasilitas pendukung dari gedung itu.

Baca Juga:  Bupati Sumba Timur Keluarkan Surat Edaran Sadar Pajak Kendaraan Bermotor

Wakil Bupati sempat menaiki eskalator dan mencoba menggunakan lift yang dikhususkan bagi kaum disabilitas dan Lansia. Tidak hanya itu juga meninjau ruang tunggu penumpang di lantai 2 dan ruang kedatangan di lantai 1 dan sejumlah sarana pendukung lainnya. (ion)  

Komentar