Terminal Bandara UMK akan Jadi Pintu Masuk Sumba Timur yang Artistik dan Modern

oleh
oleh
Terminal Bandara

Waingapu.Com – Proyek pembangunan Terminal Bandara Umbu Mehang Kunda (UMK) – Mauhau, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur kini memasuki tahapan akhir pekerjaan. Jika nanti tuntas dan dioperasikan, bangunan ini merupakan salah satu terminal modern dan tentunya punya nilai artistik dan layak jadi kebanggaan tana Matawai Amahu Pada Njara Hamu.

Proyek yang dikerjakan oleh  PT Ardi Tekindo Perkasa itu didanai APBN tahun 2022 lalu sebesar Rp68,3 Miliar itu nantinya akan menjadi pintu masuk ke Sumba Timur bahkan pulau Sumba dari rute udara. Selain berkontruksi modern dan artistik, bangunan ini juga mengadopsi rumha adat khas Sumba dengan menara khasnya. Selain itu, pintu masuk ke kawasan bandara juga dipermanis dengan gapura yang menampilkan mamuli yakni benda adat khas Sumba. 

Baca Juga:  Khabar Dari Pamburu: TMMD Ke-102, Rehabilitasi Fisik & Akhlak

Terminal Bandara

Nugrah selaku GS pada proyek ini kepada wartawan beberapa hari lalu mengatakan, bangunan terminal selain dilengkapi peralatan modern semisal lift dan eskalator juga dirancang ramah disabilitas, perempuan, anak dan lansia.

“Jadi dibagian selasar depan, kiri dan kanan untuk entri dan exit buat difabel ada, selain itu juga ada ruang untuk ibu menyusui. Toilet untuk difabel juga disiapkan,” timpal Nugrah

“Kalau pekerjaan mayor atau utama sudah rampung, tinggal yang minor saja yang juga dalam tahapan akhir pekerjaan. Di depan terminal juga akan dilengkapi dengan patung utuh jadi bukan setengah badan seperti yang lalu dari mendiang Almarhum Umbu Mehang Kunda,” pungkas Nugrah.(wyn)  

Baca Juga:  PPK Jalan Nasional Sesalkan, Lampu & Rambu Lalin Di Sumba Rawan Hilang

Komentar