Puskesmas Rambangaru Sosialisasi Vaksin Covid-19, Hamparan Sabana Diterabas

oleh -153 views
Sosialisasi Vaksinasi Covid-19

Waingapu.Com – Kepala Puskesmas Rambangaru dan Stafnya bersinergi dengan Babinsa serta Babinkamtibmas, Jumat (10/09) pagi hingga siang hari menggelar sosialisasi tentang Covid-19, sebarannya dan cara menghadapinya. Tak hanya itu, manfaat vaksin dan juga efek ikutannya juga disampaikan dalam kegiatan itu. Hal itu dilakukan menyusul keluhan pemerintah dan warga Desa Napu, Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur, NTT, yang menyatakan tidak pernah diberikan pemahaman seputar persoalan dimaksud.

“Kami tadi lakukan sosialisasi keliling baik menggunakan pengeras suara juga bertatap muka dengan warga. Kami sudah jelaskan detail tentang Covid-19 baik penyebarannya, juga cara mengantisipasinya. Selain itu tentu tentang manfaat vaksin dan efek yang ditimbulkan pasca vaksinasi dan cara menyikapinya,” jelas Ngongo Moza, Kepala Puskesmas Rambangaru yang menghubungi wartawan, Jumat (10/09) malam lalu.

Baca Juga:  Hasil Uji 92 Sampel SWAB, Sumba Timur Tambah Tiga Kasus Positif Covid 19
Sosialisasi Vaksinasi Covid-19

Moza juga menyampaikan terima kasihnya pada warga dan pemdes Napu yang sudah jujur menyampaikan keluhannya. Tak hanya itu, kinerja rekan-rekan media juga diapresiasinya karena telah mengungkapkan realita untuk nantinya bisa dibenahi dalam semangat sinergitas semua elemen.

“Dengan pemberitaan sebelumnya tentu akan menjadi catatan untuk semuanya, yang mana kemudian bisa melakukan hal yang lebih baik ke depannya khusus dalam menghadapi pandemi Covid-19, juga optimalisasi pelayanan vaksinasi,” timpalnya.

Sosialisasi yang dilakukan oleh jajaran Puskesmas Rambangaru, sudah pasti diperhadapkan dengan kondisi alam desa Napu dan sekitarnya. Jarak antar rumah warga yang berjauhan, juga jalanan yang membelah hamparan Sabana luas dibawah teriknya mentari di Pantura Sumba, harus diakrabi.

Baca Juga:  Screening di KM. Egon, 19 Penumpang Dipastikan Positif Rapid Antigen
Sosialisasi Vaksinasi Covid-19

“Tadi kami keliling diantaranya di Kadahang, Kalambar Cuna dan juga dusun Talicu. Warga yang kami temui menyambut kami dengan sukacita dan mengatakan kini lebih paham dan siap untuk menerima vaksin dalam program vaksinasi berikutnya,” timpal Moza.

Yumiati Diana Djami, Penyuluh Kesehatan yang ikut dalam kegiatan sosialisasi itu juga mengatakan hal senada. “Selain dengan pengeras suara, kami juga tadi sempat tatap muka dengan warga di Talicu. Mereka kini jadi lebih tahu dan nantinya akan lebih siap untuk di vaksin. Tadi materi yang kami sampaikan tentu terkait dengan penerapan Prokes, juga manfaat vaksinasi dan cara menyikapi efek samping pasca divaksinasi,” ungkapnya.

“Senin 13 September nanti akan digelar vaksin di bagi warga di Desa Napu. Vaksin yang nantinya diberikan adalah vaksin dosis pertama jenis Sinovac,” imbuh Yumiati yang biasa disapai Dian oleh rekan sejawatnya itu. (ion)

Baca Juga:  Warga Desak Pemerintah Lanjut Pembangunan Puskesmas Rakawatu

Komentar