Warga Waingapu Waspada, Sudah Empat Orang Dirawat Karena DBD

oleh -3 views
Waspada DBD

Waingapu.Com – Warga kota Waingapu bahkan Kabupaten Sumba Timur, hendaknya meningkatkan kewaspadaan akan bahaya DBD yang mengintai. Apalagi di bulan Januari yang baru berjalan belum dua pekan, sebanyak empat warga harus jalani perawatan. Warga hendaknya menerapkan pola hidup bersih dan sehat dari dalam keluarga dan lingkungannya.

“Data hingga jelang pertengahan Januari ini, ada empat orang yang jalani perawatan dan penanganan medis karena DBD. Mereka semuanya berasal dari wilayah kota Waingapu, masing-masing dari Matawai, Mbatakapidu, Pambotandjara dan Hambala,” ungkap Jonker Telnoni, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit pada Dinas Kesehatan Sumba Timur.

Jonker yang ditemui di ruang kerjanya, Senin I10/01) siang lalu itu juga mengatakan Dinas Kesehatan Sumba Timur melalui perangkat terkaitnya terus melakukan himbauan dan sosialisasi pencegahan pada masyarakat. Langkah itu diantaranya dengan pembagian abate bagi warga, juga kampanyekan 3 M plus.

Baca Juga:  Pasien 032 Sembuh dari Covid-19 Tapi Belum Dipulangkan, Alasannya?

Penerapan 3 (tiga) M plus kata Jonker, yakni sering Menguras tempat penampungan air, Menutupnya dan juga Menguburkan benda – benda yang bisa menampung air yang merupakan tempat ideal bagi habitat nyamuk demam berdarah, harus dilaksanakan warga.

“Gerakan 3M merupakan cara ampuh untuk menekan angka penyebaran penyakit DBD. Selain itu perlu pula menghindari gigitan nyamuk dengan tidur menggunakan kelambu atau gunakan obat nyamuk,” timpalnya sembari menambahkan, pada tahun 2021 lalu terjadi 41 kasus DBD yang tersebar di sejumlah wilayah Sumba Timur. Dari jumlah ini terdapat delapan kasus yang terjadi pada Desember 2021. (ion)

Komentar