Langka Terjadi, Pohon Pisang Berjantung & Bertandan Empat di Okahapi 

oleh -322 views
Pisang Tandan Empat

Waingapu.Com – Meski pernah terjadi dibeberapa daerah, namun tak bisa dipungkri realita ini menjadi hal yang langka atau jarang ditemui. Yaa, di Ngaduwai, Okahapi, Kelurahan Kambaniru, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, NTT, terdapat sebatang pohon pisang yang mengeluarkan atau menghasilkan empat jantung dan tentunya miliki jumlah tandan yang sama.

Pisang milik keluarga Dedi Wili itu awalnya bertumbuh seperti pohon pisang lainnya. Namun satu di antara tujuh pohon dalam satu rumpun itu mengeluarkan jantung bakal buah hanya satu dan kemudian berlanjut dengan keluarnya jantung lainnya .

Dedi Wili

“Ini pisang ada dalam satu rumpun bersama sekitar tujuh pohon pisang. Yang pertama berbuah biasa saja, satu pohon keluarkan satu jantung dan akhirnya berbuah 17 sisir,” kata Dedi mengawali kisahnya usai mengantar dan menunjukan pohon pisang yang terletak di belakang rumahnya itu, saat ditemui beberapa hari lalu itu.

Baca Juga:  Mau Divaksin? Ini Empat Lokasi yang Layani Vaksinasi Bagi Warga Sumba Timur

Selanjutnya  di depan rumahnya, Dedi menuturkan, pohon kedualah yang kemudian berbuah tidak seperti pohon sebelumnya.

“Awalnya jantung yang keluar satu saja, namun tiga hari kemudian keluar lagi satu jantung. Tiga hari selanjutnya, muncul lagi satu jantung baru. Kita pikir sudah terakhir ini, tapi ternyata seminggu kemudian keluar lagi satu jantung, jadi total sudah empat jantung dan bakal jadi empat tandan pisang,” tuturnya.

Dedi juga mengaku tidak tahu apa yang terjadi selanjutnya, apakah pohon pisang yang anakannya diperoleh dari tetangganya itu masih akan mengeluarkan bakal buah atau jantung baru lagi atau tidak.

“Saya itdka tahu juga ini jenis pisang apa, juga tidak tahu lagi ini tandan keempat yang terakhir atau masih akan ada lagi, kita biarkan saja dan rawat dia sampai terakhir,” pungkasnya. (ped)   

Baca Juga:  Nelayan Sumba Timur Dapat Bantuan Kapal Motor Dari KKP

Komentar