Pemkab Sumba Timur Raih AMB di Yogyakarta, Opini WTP Didapat di Kupang

oleh
oleh

Waingapu.Com – Penghargaan prestisius diraih oleh Pemkab Sumba Timur di Yogyakarta berlabel Anugerah Merdeka Belajar (AMB) 2023 dalam kategori Kabupaten Inspiratif Tingkat Kabupaten 3T (Terdepan,Terluar dan Tertinggal) subkategori Transformasi. Anugerah itu diserahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, pada acara Puncak Bulan Merdeka Belajar 2023 dan peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diterima oleh  Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sumba Timur, Erwin Pasande, Senin (29/5/2023).

Sejumlah hal yang menjadi pijakan penyerahan AMB itu diantaranya dedikasi dan inovasi yang luar biasa dalam melaksanakan transformasi pembelajaran, peningkatan kualitas guru, penerapan teknologi dalam pembelajaran, peningkatan aksesibilitas pendidikan serta pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan lokal.

Baca Juga:  Belajar dari Penyegelan Kantor Camat Kahali, Pemkab Sumba Timur Akan Tertibkan Aset

Erwin Pasande menyatakan, penghargaan itu adalah hasil dari kerja keras dan kolaborasi semua pihak yang terlibat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sumba Timur. 

“Dengan penghargaan ini saya harapkan dapat menjadi motivasi untuk terus berinovasi dalam mendukung pendidikan yang berkualitas,” tukasnya.

Untuk diketahui, AMB merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kemendikbudristek sebagai bentuk apresiasi terhadap daerah-daerah yang berhasil mencapai prestasi luar biasa dalam menerapkan konsep Merdeka Belajar. Konsep ini mengedepankan prinsip bahwa pendidikan harus berpusat pada peserta didik, memberikan kebebasan kepada mereka untuk mengatur dan mengambil peran aktif dalam proses pembelajaran.

Di tempat terpisah, Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing didampingi Kepala BKAD dan Wakil Ketua DPRD meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  terhadap LKPD Tahun anggaran 2022 untuk ke 5 kali berturut – turut di Kantor Perwakilan BPK NTT – Kupang. Raihan itu oleh Bupati ditanggapi dnegan rasa syukur dan terima kasih pada seluruh jajaran yang terlibat langusng maupun tidak dalam penyusunan Laporan Keuangan itu. Apresiasi juga diungkapkan untuk masyarakat, perangkat daerah, dunia usaha serta dan elemen lainnya yang turut berperan dalam meraih prestasi itu.

Baca Juga:  GBY: “Opini WTP Itu Pertaruhan Harga Diri Pemerintah Daerah”

“Ini jadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja dalam pengelolaan keuangan daerah dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. Semoga keberhasilan ini juga dapat memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat serta pihak terkait terhadap transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan di Kabupaten Sumba Timur,” papar Bupati Khristofel, Senin (29/5/2023) lalu. (ion) 

Komentar