Positif Covid-19, Tujuh Nakes & Dua Dokter Puskesmas Waingapu Jalani Isoman

oleh -338 views
Tinus Ndjurumbaha

Waingapu.Com – Tujuh orang Tenaga Kesehatan (Nakes) dan dua orang dokter yang bertugas pada Puskesmas Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, NTT, terkonfirmasi positif Covid-19. Kepastian itu diperoleh berdasarkan pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) dan test cepat atau Rapid Antigen. Para Nakes dan dokter itu kini jalani isolasi mandiri (ISOMAN) demikian dikatakan Sekretaris Dinas Kesehatan setempat, Tinus Ndjurumbaha ketika dihubungi media ini via gawainya, Jumat (09/07) petang lalu.

“Jumlah seluruh yang positif sembilan orang. Lima orang berdasarkan hasil SWAB PCR dan empat lainnya dengan metode rapid test antigen. Sekarang mereka semua jalani isolami mandiri, ” ujar Tinus.

Tinus lebih lanjut merincikan, selain dua dokter yang positif Covid-19 itu, tujuh Nakes positif Covid-19 itu merupakan tiga orang perawat, satu kesling, ahli gizi dan farmasi masing-masing satu orang, sedangkan seorangnya lagi adalah anggota tim surveilance.

Baca Juga:  Salurkan Dana Operasional Posyandu, Bupati Sumba Timur Miris dengan Insentif Kader

“Sehubungan dengan itu, sejak tanggal 29 Juni lalu Puskesmas kami tutup dan seperti yang dilihat rekan-rekan media, hingga kini masih tutup dan kita masih tunggu perkembangan ke depannya bagaimana baru kita putuskan lagi,” tandasnya.

Walau telah dinyatakan ditutup kata Tinus, Puskesmas Waingapu tetap memberikan layanan untuk warga yang hendak dilayani untuk persalinan atau melahirkan. Selain itu kata dia, para dokter dan Nakes yang tidak terpapar tetap menjalankan fungsinya berupa pemantauan pasien Covid-19 yang jalani isolasi mandiri di wilayah lingkup Puskesmas Kota Waingapu. (ion)

Komentar