Rayakan Idul Fitri 1142, Jamaah Masjid Jami Alfalah – Waingapu Tetap Gelar Salat Eid

oleh -85 views
Salat Ied

Waingapu.Com – Hari Raya Idul Fitri 1442 H akan dirayakan para jamaah Masjid Jami Alfalah, Kampung Baru, Kelurahan Kambadjawa, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) – NTT dengan menggelar Salat Eid di halaman masjid. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, prosesi keagamaan itu tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. Demikian diungkapkan Umar Rosidin, Tamir Masjid setempat, ketika ditemui wartawan, Rabu (12/05) siang lalu.

“Kami tetap melaksanakan salat Eid, walau memang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang terpusat di Lapangan Pahlawan – Waingapu. Karena masih dalam suasana Pandemi Covid, salat Eid dilaksanakan di setiap masjid termasuk kami di sini. Tapi yang pasti kami tetapkan Prokes secara ketat di sini,” ungkap Rosidin, yang juga merupakan anggota DPRD Sumtim itu.

Baca Juga:  Korban Kesebelas Covid-19 di Sumba Timur Dimakamkan Jelang Pukul Empat Dini Hari

Rosidin ditemui pasca menggelar rapat dengan para pengurus masjid dan tokoh pemuda masjid setempat itu juga menggambarkan contoh posisi jamaah nantinya yang akan di atur jaraknya.

“Jadi nanti antara satu jamaah dengan jamaah lainnya akan diatur jaraknya hampir satu meter. Ini kami atur begini yaa karena merupakjan bagian dari penerapan prokes dimasa pandemi ini . Ini juga lihat sendiri sekarang ini, petugas dari BPBD masih lakukan penyemporotan disinfektan demi keamanan dan kenyamanan umat dalam menjalankan ibadah esok,” timpalnya smebari memprediksikan, jamaah yang akan hadir esok bisa mencapai seribu orang itu.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumtim, Mikael Jakalaki, yang saat itu memimpin langsung regu penyemprot disinfektan, kepada wartawan menjelaskan, instansinya sejak pagi melaksanakan penyemprotan disinfektan pada Masjid-Masjid yang nantinya akan menggelar Salat Eid.

Baca Juga:  Fakultas Farmasi UNAIR Road Show di Waingapu, Dari Siswa Hingga Ke Studio Radio

“Kami ada bagi tim, tersebar di lima belas masjid yang ada di Kota Waingapu. Semuanya kami layani penyemprotan disinfektan,” tandas Mikael. (ion)

Komentar