Tiga Tahun Cuci Darah, Johanes Bali Ate Sangat Terbantu Oleh JKN-KIS

oleh -56 views
Johanes Bale Ate

Waingapu, Jamkesnews – Manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah banyak dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Kehadiran program JKN-KIS membuka akses layanan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia dan bentuk nyata hadirnya pemerintah dalam memberikan jaminan akan pelayanan kesehatan untuk seluruh masyarakat.

Johanes Bali Ate (58) tidak menyangka kalau di usia senja saat ini harus mendapat cobaan yang untuk bertahan hidup harus dengan cuci darah, yang tentunya membutuhkan biaya besar. Ia adalah warga Kota Waingapu yang sangat merasakan manfaat dari program JKN-KIS. John, sapaan akrabnya adalah seorang buruh serabutan yang mengantungkan penghasilan dari pendapatannya yang tidak pasti.

Saat ditemui tim Jamkesnews, Jumat (28/05) di kediamannya yang terlekak di Kelurahan Wangga, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, John menceritakan ikhwal dirinya akhirnya harus cuci darah seminggu dua kali, setiap Senin dan Kamis. Awal mulanya, John mengatakan bahwa dirinya hanya merasa badan lemas dan pusing. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata tekanan darahnya tinggi, sehingga John sempat drop dan harus dirujuk ke Rumah Sakit.

Baca Juga:  JKN-KIS Membuat Fera & Keluarga Jalani Kehidupan Dengan Nyaman Juga Membantu Orang Lain

John menambahkan bahwa pada saat melakukan pengobatan, dirinya menjalani pengobatan dan kontrol selama tiga bulan sampai akhirnya harus menjalani cuci darah. Beliau sangat bersyukur karena semua pengobatannya ditanggung oleh program JKN-KIS. “Saya Menjalani Cuci Darah Tanpa Biaya semua pengobatan ditanggung JKN-KIS,” jelasnya

Dalam perjalannya, kondisi John semakin membaik. Meskipun ia sadar tak akan bisa lepas dari layanan cuci darah, setidaknya masih ada percikan semangat yang membuat dirinya lega. Ia bersyukur adanya program JKN-KIS saat ini bisa memperpanjang nafasnya hingga kini. Tercatat, ia sudah menjadi Peserta JKN-KIS sejak 2014 silam. Besar harapannya agar program besutan BPJS Kesehatan ini bisa berlanjut dan terus berkembang. 

Baca Juga:  Ketika Memiliki Kartu JKN-KIS, Tidak Lagi Ada Keraguan

“JKN-KIS ini sangat membantu, bagi yang mampu membayar saja sangat mempunyai arti besar, bagaimana dengan saya yang selalui dibiayai oleh pemerintah. Sungguh ini sangat bernilai luar biasa,” ungkap john.

“Yang pasti saya bersyukur memiliki JKN-KIS. Programnya membantu sekali. Saya bisa cuci darah dengan tenang. Mungkin sudah ratusan kali tapi pelayanan di rumah sakit tetap nyaman. Tidak pernah sekalipun saya harus membayar, semuanya gratis. Program JKN-KIS ini harus terus ada karena memang manfaatnya yang luar biasa. Apalagi biaya cuci darah yang tergolong mahal bisa lebih ringan karena ada JKN-KIS,” pungkasnya menaruh harap.

Komentar