Dibekali Confidor, Brigade Distan – TPH Siap Hadapi Locusta Migratoria

oleh -89 views
Tukang Semprot Belalang

Waingapu.Com – ‘Tim pengendali dan pembasmi’ dikenal dengan Brigade Pembasmi Hama Belalang bentukan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (Distan – TPH) Sumba Timur (Sumtim) – NTT, selama beberapa hari terakhir terus bergerak guna mengendalikan dan membasmi belalang kembara atau Locusta Migratoria. Peralatan penyemprotan dan pestisida jenis Confidor menjadi ‘bekal’ atau ‘pelor’ mereka memerangi koloni belalang yang punya daya jelajah tinggi itu.

Oktavianus Mb. Muku, selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) TPH Sumtim menjelaskan perihal pestisida yang digunakan itu, ketika dihubungi media ini via WhatsApp (WA) Selasa (14/04) lalu. Tak hanya itu, Oktavianus juga menjelaskan tim brigade berupaya untu melokalisir belalang kembara agar koloninya tidak terus meluas.

Baca Juga:  Koloni Locusta Migratoria Muncul Ditengah Kewaspadaan Covid 19
Belalang Kembara

Ketika kembali dihubungi media ini, Rabu (15/04) malam lalu guna menanyakan taksasi luasan koloni belalang kembara, Oktavianus menuliskan dalam pesan WA – nya, belalang berada dalam radius rata – rata 200 meter pertitik koloni atau spot. Brigade kata dia akan terus bergerak setiap harinya hingga belalang dilokasi yang dlaporkan tidak lagi ditemukan. Apalagi sambung dia, stock pestisida masih cukup memadai.

Oktavianus juga menaruh harap peran serta masyarakat dalam memberikan informasi seputar spot – spot koloni belalang juga sangat diperlukan. Hal itu agar petugas atau anggota brigade lebih cepat mengambil langkah pengendalian atau melokalisir Locusta migratoria itu, agar tidak terus menyebar dan menebar terornya hingga ke lahan pertanian dan tanaman pangan milik warga. Adapun Brigade ini terdiri dari ragam unsur atau elemen, sejak terbentuknya silam. Selain unsur Distan – TPH juga terlibat didalamnya unsur lainnya semisal TNI dari Kodim 1601 Sumtim.

Baca Juga:  Warga Rindi Kelimpungan Hadapi ‘Invasi’ Belalang Kembara

Diberitakan sebelumnya, koloni belalang kembara ditemukan di dua kecamatan di Sumtim. Desa Palakahembi di Kecamatan Pandawai dan Desa Wanga di Kecamatan Umalulu, menjadi lokasi yang diinformasikan ditemukan koloni belalang, yang mana secepatnya telah ditindaklanjuti dengan pengendalian oleh tim atau brigade pembasmi hama belalang. (ion)

Komentar