Kunjungi Kolam Ikan Para Janda & Yatim Piatu, Gubernur VBL Janji Bantu Benih Bandeng

oleh -32 Dilihat
Viktor berkunjung ke kolam

Waingapu.Com – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, menjanjikan bantuan benih ikan bandeng bagi para janda dan yatim piatu, di Dusun Maujawa, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Sabtu (27/11) sore lalu. Janji itu sebagai bentuk aparesiasinya atas upaya mereka yang menggabungkan diri dalam Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar (POKDAKAN).

Dalam kunjungan itu, Viktor juga mengungkapkan rasa salutnya pada sosok Alfonsus Oma Deak, selaku pemuda yang menjadi ketua kelompok itu. Menurut dia, pemuda seperti Afonsus ini perlu dijadikan contoh bagi pemuda lainnya, yang mana pernah merantau lalu pulang untuk kembali membangun dan mengangkat potensi daerahnya. Dalam kunjungan ini, Gubernur selain didampingi oleh seorang puteranya, juga didampingi oleh Stef Bria Seran selaku Staf khusus Gubernur dan juga Ketua Kadin Sumba Timur, Elvis Karwelo.

Baca Juga:  Opsus SIWAB, Puluhan Ribu Sapi Betina Sumba Wajib Bunting
Alfons dan kolom ikannya

Kepada wartawan, Alfonsus menjelaskan, usaha yang dikembangkan ini awalnya merupakan lahan tidur. Namun olehnya, dijadikan kolam-kolam atau empang untuk budidaya ikan nila dan karper.

“Kami budidaya ikan nila dan karper, juga nantinya tentu ikan bandeng juga, apalagi pak Gubernur sudah janjikan benihnya,” tukasnya.

Kelompok yang oleh anggotanya disepakati dengan nama Mathelda Oma Lay, yang merupakan ibu dari Alfonsus itu, mengelola lahan seluas 3,5 hektar.

“Kami sepakat pakai nama mama saya. Karena ini merupakan cita-cita beliau yang kemudian kami realisasikan,” timpalnya sembari menaruh harap usaha ini nantinya bisa bertahan dan terus berkembang.

Terkait usaha yang dikembangkan kelompok ini, tak hanya menarik minat Gubernur NTT, namun juga pernah dikunjungi oleh Wakil Bupati Sumba Timur, David Melo Wadu pada awal November lalu. Kala itu, sebut Alfonsus, Wakil Bupati menyatakan, usaha ini tentu akan pula menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang di sekitarnya. Masih lanjut Alfons, kala itu Wakil Bupati juga memotivasi para anggota kelompok dengan mengungkapkan sejatinya lahan tidak pernah tidur, tapi manusia yang tidur terlalu lama jadi akhirnya malas berkarya.

Baca Juga:  Tersaingi Daging Ayam Beku, Peternak Sumba Timur Terancam Gulung Tikar

Nantinya, lanjut Alfon pada media ini, pihaknya juga akan menjadikan beberapa kolam sebagai kolam pemancingan.

“Nanti kalau sudah siap panen dan pas untuk pancing, saya akan undang juga kawan-kawan media datang pancing dan meliputnya. Jadi kita sama-sama berusaha dan berdoa, agar usaha ini berjalan baik dan bermanfaat bagi banyak orang. Saya juga berharap lokasi ini selain bisa jadi lokasi rekreasi juga bisa menjadi lokasi edukasi buat anak dan pemuda,” pungkasnya. (ion)

Komentar