PT. Teratai, Pionir Donasi Buku Bacaan Untuk TB Hamu Wangu Lambanapu

oleh -91 views
Donasi Buku

Waingapu.Com Taman Bacaan (TB) Hamu Wangu, pekan lalu mendapatkan donasi buku bacaan untuk anak-anak asuhannya. Donasi buku khusus anak usia lima tahun hingga usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) diberikan oleh PT. Teratai – Waingapu melalui Raymond Yonathan selaku perwakilan perusahaan. Sukacita nampak terpancar dari wajah anak-anak penerima binaan TB yang terletak di kampung Marada, Kelurahan Lambanapu, Kecamatan Kambera itu. Betapa tidak, sejak berdiri lebih dari sebulan silam, PT. Teratai adalah yang pertama memberikan donasi buku bacaan.

“Kami senang bisa dapat buku bacaan baru. Bukunya juga bagus-bagus dan pas untuk anak-anak di sini. Semoga apa yang dilakukan oleh PT. Teratai ini bisa menjadi motivasi bagi individu atau elemen lainnya memberikan donasi guna peningkatan kualitas literasi anak-anak ini,” ungkap Veronika Ferlin Paramba, pendiri dan pengasuh TB Hamu Wangu, pasca menerima donasi buku-buku bacaan kala itu.

Donasi Buku

Hal lainnya juga diungkapkan Juned Jehamud dan Etha Tara, dua pengasuh lainnya di TB Hamu Wangu itu. ”Ada lebih dari 130 anak di Taman Bacaan ini, dan mereka ada yang harus jalan kaki lebih dari dua kilo untuk ke sini bergabung setiap Jumat sore untuk membaca dan menambah ilmu di sini,” jelas Juned.

“Ada juga anak yang harus jalan kaki seberangi sungai dari Kelurahan Mauliru untuk ke sini. Kalau kemarau begini yaa tidak apa-apa air sungainya tidak terlalu besar dan deras. Tapi kalau musim hujan, ancaman banjir sewaktu-waktu tentu sangat mencemaskan,” imbuh Etha.

Donasi Buku

Ferlin, Juned dan Etha, semuanya menyatakan spirit anak-anak untuk membaca dan menimba ilmu lewat bacaan yang ada, walaupun dalam kondisi penuh keterbatasan itulah, yang menjadikan mereka bertiga berupaya maksimal untuk TB yang baru dirintis itu tetap bertahan. “Buku bacaan memang terbatas, dan tentunya butuh buku bacaan yang baru dan menarik untuk anak-anak. Tapi kami yakin spirit anak-anak di sini berjalan seiring dengan harapan dan keyakinan mereka akan ada pihak yang peduli dan tergerak hatinya. Hari ini terbukti dari PT. Teratai Waingapu, beri donasi buku yang sangat berarti,” pungkas Etha.

Donasi Buku

“Kami ramai-ramai jalan jadi tidak terlalu rasa capek. Memang orang bilang sungai ada buaya, tapi dia jauh di sana, kami nyebrangnya di sini, jadi kami tidak takut. Oya Pak, ini buku yang baru dapat bagus ee, ada sampul dan gambarnya juga banyak dan bagus-bagus,” ungkap Aspen (12) seorang anak asuhan TB ini.

Terlihat kala itu, anak-anak anggota TB Hamu Wangu antusias mengikuti kegiatan. Anak-anak nampak ceria mengikuti aneka metode yang diberikan untuk peningkatan literasi dan pengetahuan mereka. Antusiasme yang tetap berkobar sekalipun harus duduk di atas bale-bale rumah panggung sederhana, terpal kecil lusuh yang dibentangkan di pelataran dan juga lantai teras rumah warga.

“Saya gembira bisa memberikan bantuan buku-buku bacaan ini. Ini sebenarnya banyak buku bacaan saya sejak kecil, orang tua saya menyimpannya dengan baik dan hari ini bisa saya serahkan masih dalam kondisi baik. Semoga bisa bermanfaat bagi anak-anak ini,” ungkap Raymond pasca penyerahan donasi buku yang dikemas dalam tiga dos ex air mineral itu.

Dalam kesempatan itu Raymond juga berjanji akan berupaya mencari dan mengumpulan buku-buku bacaan menarik dan bermanfaat bagi anak-anak itu, dari sejumlah kenalan, teman dan sahabatnya yang tergerak untuk berdonasi. “Nanti jika ada buku-buku bacaan lainnya dari keluarga, kenalan, teman dan sahabat, jika sudah lumayan banyak terkumpul, saya akan antar lagi. Puji Tuhan, niat baik semuanya akan dimudahkan oleh-Nya,” pungkas Raymond. (ion)

Komentar