Puskemas Kambaniru Siap ‘Karantinakan’ ODP Covid 19 di Sumba Timur

oleh -369 views
Puskesma Kambaniru

Waingapu.Com – Gedung baru Puskesmas Kambaniru, di Kecamatan Kambera, siap untuk menjadi lokasi karantina bagi warga yang terkategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid 19, di Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) – NTT. Hal itu dipastikan oleh Bupati Sumtim, Gidion Mbiliyora dan rombongan Forkompimda yang datang meninjaunya Senin (06/04) siang hingga jelang sore tadi.

Pasca meninjau kesiapan ruangan atau bangsal, dan berdialog dengan Kadis Kesehatan Sumtim dan jajarannya, kepada wartawan Bupati menegaskan kesiapan gedung baru ini, menjadi salah satu bagian dari beberapa langkah preventif untuk mewaspadai Virus Corona atau Covid 19. “Pemda siapkan ruangan – ruangan disini untuk isolasi sementara selama 14 hari bagi mereka yang terkategori ODP. Nanti penumpang dari luar Sumba Timur yang datang baik lewat pesawat maupun kapal laut setelah jalani pemeriksaan awal dan terindikasi secara medis untuk masuk kategori ODP, juga berasal dari daerah yang telah terpapar, akan langsung dibawa ke sini untuk isolasi,” tandas Gidion.

Baca Juga:  Ancam & Lecehkan Jurnalis: Hari Ini, Polres Jadwalkan Periksa Saksi
GBY

Selanjutnya, sosok yang juga lazim disapa GBY itu mengatakan, lokasi ini diprioritaskan bagi para ODP yang masuk kategori lanjut usia atau para Lansia. Hal itu kata dia, dikarenakan para lansia secara medis lebih rentan. “ Usia 60 tahun ke atas yang diprioritaskan untuk dirawat atau dikarantinakan disini. Karena berdasarkan pengalaman yang ada dan juga anjuran medisnya usia ini lebih rentan terkena apalagi jika memang dalam tubuh sudah ada penyakit penyertanya,” ungkapnya.

Terkait pengamanan lokasi ini, GBY memastikan akan dijaga secara ketat, dengan melibatkan tiga unsur. Polisi Pamong Praja (Pol – PP) akan bersinergi dengan aparat dari Polres Sumtim dan Kodim 1601 Sumtim. “Kalau sudah ditampung di sini tidak boleh lagi keluar – keluar atau juga dikunjungi selama 14 hari. Akan ada Pol PP dan aparat gabungan yang siaga disini 24 jam,” tegasnya. (ion)

Baca Juga:  Salura, Eksotika Negeri Yang Terkucil (Bagian 1)

Komentar