Baru 33,11 Persen Warga Sumba Timur yang Tervaksin Covid-19 Dosis Satu

oleh -97 views
Vaksin

Waingapu.Com – Upaya vaksinasi  Covid-19 terus dilakukan di Kabupaten Sumba Timur, NTT. Pelaksanaannya selain diinisiasi oleh Dinas Kesehatan, juga institusi lainnya. Hingga Sabtu (02/10) pukul 17: 00 WITA, baru sebanyak 33,11 persen warga atau sebanyak 57.660 orang yang sudah tervaksin Covid-19. Prosentasi itu hanya khusus untuk dosis satu. Demikian data yang diperoleh media ini dari Tinus Ndjurumbaha, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumba Timur.

Masih merujuk data yang sama, jumlah penerima vaksin untuk dosis dua sebanyak 12,47 persen atau 21.716 orang.  Sementara untuk dosis tiga sebanyak 1.262 orang atau 0,72 persen. Adapun yang menjadi target penerima vaksin secara keseluruhan, jika merujuk sumber data yang sama mencapai 174.123 orang.

Baca Juga:  Polda NTT Terus Mengusut Dugaan Pelanggaran Prokes di Pulau Semau
Data Vaksin Sumba Timur

Ditemui  Rabu (29/09) siang lalu, Jonker Telnoni yang merupakan ketua tim surveilance Satgas Covid-19 Sumba Timur menjelaskan, upaya sosialisasi manfaaat Vaksin, juga dampak atau keluhan yang lazim dirasakan selepas divaksin dan cara menyikapinya masih terus digencarkan. Tak hanya melibatkaan Nakes, namun elemen warga lainnya juga dilibatkan. “Kami juga libatkan dan berterima kasih atas peran serta tokoh agama juga tokoh masyarakat yang turut mengkampanyekan prokes juga manfaat vaksin serta efek ikutannya dan cara menyikapinya,” jelasnya.

Sehubungan dengan gencarnya sosialisasi vaksinasi, diakui Jonker berimbas pada mulai tumbuhnya animo warga untuk divaksin. Sayangnya kata  sosok yang juga menjabat Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Sumba Timur itu, kondisi itu acapkali tidak diimbangi dengan ketersediaan vaksin yang terbatas. (ion)

Baca Juga:  Tujuh Sampel SWAB Sumba Timur Telah Diperiksa, Sepuluh Masih Misteri

Komentar