SWAB Terkonfirmasi Negatif, Pasien 01 Positif Corona di Sumba Timur Dipulangkan

oleh -400 views
Chrisnawan

Waingapu.Com – Pengujian specimen atau sampel SWAB pasien 01 akhirnya terkonfirmasi negatif. Hasil itu adalah untuk kedua kalinya berturut-turut, sehingga secara teknis medis dinyatakan sembuh dan telah dipulangkan ke keluarganya. Warga asal Lambanapu, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) itu menjadi orang pertama pasien Covid-19 yang sembuh dari delapan yang dirawat dan disolasi di RSUD Umbu Rara Meha. Harapan agar tujuh lainnya dikemudian hari bisa peroleh hasil serupa juga mengemuka dalam konferensi pers yang digelar di Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di aula Dinas Kesehatan Sumtim, Kamis (28/05) siang lalu.

“Untuk kasus 01 telah dua kali dilaksanakan pemeriksaan pada laboratorium biomolekuler di RSUD WZ Johannes, Kupang. Dan untuk keduan kalinya dinyatakn negatif. Sehingga secara laboratoirum teknis medis, yang bersangkutan dinyatakan sembuh,” tandas Chrisnawan T. Haryantana, juru bicara Gugus tugas Perecepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumtim.

Pasien Corona

Dalam konferensi pers yang juga dihadiri oleh Tinus Ndjurumbaha, selaku Sekretaris Dinas Kesehatan itu, Chrisnawan juga menyampaikan masih adanya sembilan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang masih dalam pemantauan. Selain itu masih pula terdapat empat orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan rincian tiga orang telah selesai dipantau sementara satu sisanya masih dipantau.

Baca Juga:  Lewat Bandara UMK, Sumba Timur Kembali Kirim Specimen SWAB Ke Kupang

Chrisnawan yang juga didampingi oleh Direktris RSUD Umbu Rara Meha, Lely Harakai dan Dokter specialis paru, Anry Widyawati juga memaparkan, pelaku perjalalan sebanyak 4.288 orang, dimana dari jumlah itu sebanyak 4.229 orang telah selesai masa karantina mandiri dan 59 sisanya masih karantina mandiri.

Pasca dinyatakan sembuh dan kemudian diperkenankan untuk pulang, video yang menggambarkan sukacita pasien 01 beredar ke dunia maya. Lewat media sosial facebook dan bahkan dibagikan ke sejumlah group WhatsApp sukacita itu dibagikan. Hal mana yang langsung direspon dengan harapan dan juga ungkapan syukur dari para nitizen yang diunggah ke media sosial. (ion)

Komentar