Warga Desa Palakahembi Antusias Ikut Baksos IDAI NTT, PT. MSM Turut Berikan Dukungan

oleh
oleh

Waingapu.Com – Rangkaian Bakti Sosial (Baksos) yang dilaksanakan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang NTT mencapai puncaknya di Kantor Desa Palakahembi, Sabtu (26/8/2023) pagi hingga siang lalu. Warga menyambutnya dengan antusias, mulai dari mengikuti penyuluhan hingga memeriksakan bayi dan anak- anak mereka pada 11 dokter spesialis anak yang ambil bagian dalam kegiatan itu.

Pemeriksaan kesehatan dan juga pengobatan itu dilaksanakan IDAI NTT secara gratis. Hal mana disyukuri oleh warga dan pemerintah desa dan juga Pemkab Sumba Timur yang membuka kegiatan itu.

“Tentu apa yang dilakukan oleh IDAI NTT sudah sangat membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan mendasar terkait tumbuh kembang anak dan kesehatan keluarga. Atas nama Pak Bupati Sumba Timur tentu kami ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya bagi IDAI dan pihak lainnya yang terlibat mendukung kegiatan mulia ini,” ungkap Asisten Pemerintahan Setda Sumba Timur dalam sambutannya.

Selain ucapan syukur dan terima kasih, warga juga menaruh harapan agar kegiatan serupa bisa berlangsung secara periodik. Hal itu senada dengan asa Arif Ndilu Maramba Jawa  Kepala Desa Palakahembi, yang ditemui dalam kesempatan terpisah di lokasi yang sama.

Baca Juga:  Operasi BPOM di Waingapu, Ratusan Jenis Kosmetika Tanpa Ijin Edar Disita

“Ucapan terima kasih tentu sangat pantas kami sampaikan dengan kerendahan hati bagi IDAI NTT dan juga PT MSM dan seluruh sponsor kegiatan ini. Tentu senada dengan harapan warga, kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan periodik, minimal dalam 3 bulan ada sekali kegiatan seperti ini,” ungkap Arif sembari memaparkan desa yang dipimpinnya itu memang menghadapi persoalan kesehatan yang cukup kompleks karena merupakan desa dengan jumlah peduduk yang cukup banyak dan wilayahnya luas. 

“Desa ini kalau data per Desember 2012 jumlah penduduknya sebanyak 4.506 jiwa. Dan harus kami akui stunting dan gizi anak dan balita serta ibu hamil KEK masih menjadi pergumulan serius kami sebagai aparatur desa,” timpal Arif.

“Senang sekali bisa bawa dua adik saya. Sebelumnya saya dan mama mau bawa ke Pustu adik saya yang usia 3 serta 7 tahun karena sakit cacar air. Tapi dengar ada pengobatann gratis IDAI di Kantor Desa, kami langsung sudah ke sini. Adik saya sudah diperiksa dan dapat obat dari dokter spesialis,” tutur Klementinus Karawang Mbani, salah satu warga yang ditemui dalam kegiatan itu.

Baca Juga:  SM3T Kritisi Guru PNS dan Kompetensi Guru di Sumba Timur

Dikesempatan terpisah, Ketua IDAI Cabang NTT Woro Indri Padmosiwi, didampingi Herdiana Elizabeth Situmorang, selaku Ketua Kegiatan Baksos menjelaskan perihal alasan tepilihnya Desa Palakahembi. Selain mudah dijangkau, juga masih tingginya angka stunting di Desa  yang merupakan wilayah kerja Puskesmas Kawangu itu.

“NTT ini terdiri dari banyak pulau, dan kali ini kami memilih Pulau Sumba tepatnya di wilayah Desa Palakahembi ini. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan IDAI NTT, dan dilakukan bergilir pada sejumlah wilayah,” tandas Woro Indri Padmosiwi di sela – sela kesibukannya dalam baksos yang juga didukung oleh 11 dokter spesialis anak  dari berbagai wilayah di NTT serta PT Muria Sumba Manis (MSM) dan sejumlah sponsor lainnya itu. 

Simon Silitonga, selaku CSR & Communication PT. MSM kepada wartawan mengatakan, keterlibatan perusahaan yang berinvestasi dalam bidang perkebunan tebu dan pabrik gula di Kabupaten Sumba Timur itu adalah bentuk nyata dari kepedulian terhadap kesehatan dan pendidikan anak.  

“Kegiatan Bakti Sosial IDAI NTT ini didukung perusahaan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian perusahaan terhadap pendidikan dan kesehatan masyarakat Desa Palakahembi yang berdampingan dengan wilayah operasional perusahaan,” tandas Simon. 

Baca Juga:  Dukung Penanganan Covid-19 di Sumba Timur, Bisa Disakurkan Melalui Nduma Luri

Simon berharap kegiatan Bakti Sosial IDAI NTT ini dapat membangun masyarakat Desa Palakahembi bersih, sehat dan cerdas sesuai dengan tema kegiatan “Anak NTT Bersih, Sehat dan Cerdas”. 

“Perusahaan bantu berikan bingkisan alat tulis berupa pena, pinsil, peraut pensil, buku tulis, gunting kuku. Juga PMT dalam bentuk Susu Milf Life, Biskuit Milna dan telur ayam,” papar Simon. 

Adapun pemberian bingkisan alat tulis serta PMT itu telah dilakukan pada tanggal 18 Agustus 2023 lalu dimana bingkisan alat tulis  pada pelajar di SDN 1 Lindi, sedangkan PMT dilaksanakan Sabtu (26/8/2023).

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan Baksos IDAI cabang NTT yang juga didukung PT MSM itu terdiri dari  Roadshow seminar edukasi awam/podcast/talkshow, Promosi kesehatan PHBS di sekolah dan pembagian bingkisan di sekolah SDN 1 Lindi, pemeriksaan dan pengobatan anak dan balita di desa Palakahembi, Pendistribusian PMT di Palakahembi, Penyuluhan tumbuh kembang dan stimulasi dini di Palakahembi dan juga Make over Posyandu di Palakahembi. (ion)

Komentar