Warga RW 01 Kelurahan Lambanapu Keluhkan Genangan Di Sekitar Pemukiman

oleh -2 views
Genangan DBD

Waingapu.Com – Warga RT02 – RW 01 Kelurahan Lambanapu, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT, mengeluhkan genangan yang berada disekitar pemukiman mereka. Genangan itu ditenggarainya menjadi lokasi potensial tumbuh kembangnya nyamuk aedes aegypty juga malaria. Keluhan warga itu disampaikan kala bertemu wartawan lebih dari sepekan lalu. Awak media yang melakukan peliputan sehubungan dengan duka cita yang dialami dua keluarga di lingkungan itu akibat terjangkit Demam Berdarah dendu (DBD), saat hendak pulang dihadang untuk mendengar keluhan dan harapan mereka.

“Ini genangan karena pipa air PAM bocor, kami warga disini mau sebenarnya swadaya untuk beli sirtu untuk bisa timbun di genangan ini. Karena banyak jentik nyamuk malaria dan juga DBD saya lihat. Bisa saja sumber nyamuk dari sini. Hanya saja kami mau timbun yang punya tanah ini tidak mau. Kalau bisa Pak Lurah atau Camat pergi ke pemilik tanah untuk pendekatan dan agar bisa ditimbun,” harap Apriani Ndjurumbaha sembari menambahkan, anggota Posyandunya yang sempat terjangkit DBD sebanyak delapan orang anak.

Warga Keluhkan Genangan

Harapan senada juga diungkapkan oleh Nikson B. Rara, sebagai warga yang paling dekat dengan genangan dimaksud. “Saya dengan bapa mantu saya sudah yang rumahnya paling dekat dengan ini genangan. Jadi lihat saja pak ini genangan banyak jentik nyamuknya. Bukan hanya anak- anak kami saja yang kami takut kena gigit nyamuk DBD kami juga yang orang dewasa juga takut,´timpalnya, sembari menaruh harapan senada dengan Apriani, yakni pasca terpublikasinya keluhan mereka bisa secepatnya mendapatkan respon dari intansi terkait. (ion)

Komentar