Empat Nakes Positif Covid-19 di Sumba Barat Daya adalah Transmisi Lokal

oleh -154 views
Logo Kabupaten Sumba Barat Daya

Waingapu.Com – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) – NTT, menyatakan empat tenaga kesehatan (Nakes) yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 adalah transmisi lokal. Demikian penegasan Yulianus Kaleka, Kepala Dinas Kesehatan setempat, Kamis (03/12/2020) malam lalu.

“Empat tenaga kesehatan itu ada yang perawat ada pula yang bidan. Semuanya bertugas di Puskesmas Waimangura, Kecamatan Wewewa Barat. Keempat kasus ini adalah transmisi lokal,” tandas Yulianus yang dihubungi via gawainya itu.

Yulianus yang juga juru bicara Satgas Penanganan Covid 19 Sumba Barat Daya itu juga memastikan, tim telah dan akan terus melakukan tracing kontak erat dengan para Nakes.

“Tentu nanti akan kami tracing dan jika memungkinkan akan secepatnya diambil SWAB dan dikirmkan ke laboratorium biomolekular RSUD WZ Yohanes – Kupang,” jelasnya.

Baca Juga:  Ratu Wulla Pastikan Tetap Salurkan Bantuan ke Seluruh Rumah Sakit Di Sumba

Lebih jauh Yulianus menjelaskan, warga yang terkonfirmasi positif Covid 19, dirawat dan diisolasi pada RSK Karitas dan RSUD Reda Bolo. “Hari ini hasil yang kami dapat dari laboratorium biomolekuler RSUD WZ Yohanes – Kupang, ada delapan sampel SWAB yang terkonfirmasi positif. Dari delapan itu, tiga merupakan tenaga kesehatan Puskesmas Waimangura. Sebelumnya sudah ada satu yang positif, jadi total Nakes yang positif Covid-19 menjadi empat orang,” paparnya sembari menyatakan, penutupan layanan puskesmas Waimangura adalah langkah yang diambil Satgas merespon realita empat Nakes yang bertugas terkonfirmasi positif Covid-19. (ion)

Komentar