Kelurahan Prailiu Efektifkan Vaksinasi Covid-19, Siapkan Empat Lokasi Isolasi Terpusat

oleh -139 views
Vaksin di Kallu

Waingapu.Com – Mengefektifkan pelayanan vaksinasi Covid-19 hingga tepat sasaran, juga tidak sampai menimbulkan penumpukan atau kerumunan massa dilakukan oleh Lurah Prailiu dan jajarannya. Tak hanya itu, Kelurahan yang menjadi bagian dari Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, NTT, itu juga telah menyiapkan lokasi isolasi terpusat bagi warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19. Demikian diungkapkan Petrus Kalaway, selaku Lurah setempat kepada media ini, Minggu (08/08) malam lalu.

“Jadi Sabtu (07/08) kemarin kegiatan vaksinasi dilaksanakan di Kelurahan kami. Pelaksanaannya kami atur per RT, jadi warga diluar RT yang ditetapkan kami mohon bersabar. Langkah ini kami lakukan agar pelaksanaan vaksinasi lebih efektif dan tidak menimbulkan penumpukan massa secara berlebihan,” jelas Petrus kala dihubungi via gawainya itu. Adalah warga RT 14, kata Petrus yang terlayani lebih dahulu. Pelaksanaan vaksinasi itu dilakukan di gedung Gereja Kristen Sumba (GKS) Payeti Cabang Kallu.

Baca Juga:  Screening di KM. Egon, 19 Penumpang Dipastikan Positif Rapid Antigen
Vaksin di Kallu

Pelaksanaan vaksinasi itu sendiri tambah Petrus sukses terlaksana karena sinergitas yang baik antara jajarannya juga TNI dari Kodim 1601 Sumba Timur dan tim dokter yang dipersiapkan oleh Dinas Kesehatan.

“Respon masyarakat dengan pola per RT ini sangat positif. Jadi mereka menilai ini efektif dan bagus, saya pun berpendapat yang sama. Kemarin yang terlayani vaksinasi untuk dosis pertama sebanyak 200 warga. Jenis vaksinnya yakni Astra Zeneca untuk dosis pertama,” tukasnya.

Sehubungan dengan lokasi isolasi terpusat bagi warga Kelurahan Prailiu yang terkonfirmasi positif telah pula disipakan empat lokasi.

“Untuk isolasi terpusat kami siapakn empat tempat diantara R Home Stay di belakang SMP Kristen, disitu ada 23 orang dari 24 tempat yang disiapkan. Ada juga di Pada Dita yang disipakkn oleh ibu Pendeta Herlina, pkoknya ada empat tempat. Biayanya ditanggung semuasnya oleh Pemkab untuk makanan dan obat-obatan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Di Sumba Timur, Akumulasi Penambahan Kasus Positif Covid-19 Sebanyak 10 Kasus Perhari

Dandim 1601 Sumba Timur, Letkol (Czi) Dwi Joko Siswanto, yang dihubungi teerpisah juga memberikan apresiasi positif pada pelaksanaan vaksinasi di Kelurahan Prailiu.

“Kegiatan vaksinasi itu juga merupakan bagian dari giat serbuan vaksin Kodim 1601. Trima kasih dan salute akan sinergitas seluruh lemen yang terlibat hingga pelaksanaannya sukses dengan tertib dan aman,” tandasnya.

Merujuk data yang dikeluarkan oleh Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur, khusus untuk kelurahan Prailiu hingga Minggu (08/08) pukul 17:00 WITA jumlah kasus aktif Covid-19 sebanyak 122 kasus. Jumlah kasus aktif ini merupakan yang paling tinggi di wilayah Kecamatan Kambera. (ion)

Komentar