Perbaharui Data JKN-KIS Mudah dan Cepat dengan Pandawa 

oleh -69 views
Pandawa

Waingapu, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Waingapu menerapkan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (Pandawa) untuk masyarakat di Pulau Sumba. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kontak langsung serta membatasi pelayanan peserta di kantor cabang sebagai upaya mengurangi resiko penularan Covid-19.

PANDAWA yang merupakan layanan elektronik melalui Whatsapp dari BPJS Kesehatan untuk peserta JKN-KIS tanpa harus tatap muka ke kantor BPJS Kesehatan cukup dengan mengurus administrasi dirumah saja, ujar Diana Mahartini selaku Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik

Alur Pandawa ini Peserta JKN-KIS yang ingin memperoleh pelayanan administrasi melalui Pandawa, dapat mengakses layanan Chat Assistant JKN (Chika) melalui pesan teks WA ke nomor 08118750400, Facebook Messenger BPJS Kesehatan, atau Telegram di tautan https://t.me/BPJSKes_bot.

Baca Juga:  Jumlah Peserta BPJS Kesehatan Waingapu Terus Alami Peningkatan

Setelah mendapatkan respons, selanjutnya Chika akan menampilkan jenis-jenis pelayanan yang dapat digunakan peserta. Dalam hal ini, peserta dapat memilih satu jenis layanan per sesi akses. Sebagai informasi, terdapat 10 (sepuluh) layanan dengan kode berbeda yang dapat diakses peserta melalui Pandawa, antara lain : pendaftaran peserta baru, penambahan anggota keluarga pendaftaran bayi baru lahir, perubahan segmen, dan perubahan identitas, perubahan gaji golongan, perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama, penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, dan pengaktifan kembali kartu peserta. Setelah memilih satu jenis layanan yang dibutuhkan, peserta harus memilih domisili provinsi dan kantor cabang sesuai tempat tinggalnya. Proses berikutnya, Chika akan memberi formulir pelaporan yang wajib diisi dan dikirim peserta ke nomor WA kantor cabang sesuai domisili peserta. Setelah itu, peserta akan dihubungi petugas administrasi Pandawa kantor cabang untuk melanjutkan proses administrasi sesuai kebutuhan peserta, jelas Diana.

Baca Juga:  Merasa Tenang dan Terlindung, Diala Rade Bersyukur Menjadi Peserta JKN-KIS

Yulia Sintia Dewi (32) salah satu peserta JKN-KIS segmen PPU (pekerja penerima upah) asal Sumba Timur menceritakan saya ingin mengupdate data JKN-KIS tapi saya takut ke kantor karena pandemi Covid-19 ini. Nah saya dapat info mengenai Pandawa ini, saya coba hari itu juga dan benar sangat membantu, ungkap Yulia

“Saya cukup melakukan pengurusan via Whatsapp, dan di hari tersebut juga langsung kartu JKN-KIS saya diproses pembaruan identitasnya. Bersyukur adanya PANDAWA ini sangat memudahkan masyarakat di tengah pandemi ini, pelayanannya tanggap dan cepat, cerita Yulia.

Yulia berharap ke depannya semakin banyak masyarakat maupun peserta JKN-KIS yang memanfaatkan layanan PANDAWA ini karena sangat memudahkan pengurusan administrasi JKN-KIS tanpa harus tatap muka. (DM/dn)

Baca Juga:  Maryam Rasa Terlindungi Kesehatannya Juga Nyaman Dihari Tua Berkat JKN-KIS

Komentar