Turut Hijaukan Sumba Timur, UPT KPH dan PT. MSM Bagi Seribu Anakan Bagi Warga Desa Wanga

oleh
oleh
Penghijauan

Waingapu.Com – PT. Muria Sumba Manis (MSM) bersama UPT KPH Sumba Timur membagikan seribu anakan pohon buah bagi warga di desa Wanga, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Anakan pohon buah yang dibagikan yakni aneka jenis anakan mangga dan nangka. Warga antusias menerima dan melakukan penanaman seterimanya anakan itu. 

Sebagai perusahaan yang berada dibawah grup HPI Agro, langka ini menjadi salah satu bentuk nyata kepedulian PT. MSM dalam turut menghijaukan Pulau Sumba bersama masyarakat di sekitar kawasan investasinya. Untuk itu sebelumnya, telah pula dilakukan penghijauan di lingkungan perusahaan.

Penghijauan

Seperti disaksikan Kamis (16/2/2023) siang tadi, Program penghijauan dengan penyerahan anakan pohon buah tahap tiga ini dilakukan Kepala UPT KPH Sumba Timur, Thomas Jerahi bersama jajarannya dan perwakilan PT MSM. Selepas itu langsung dilakukan monitoring untuk dua tahap yang dilakukan sebelumnya untuk memastikan anakan pohon buah yang dibagikan sudah ditanam dan dirawat oleh masyarakat penerima.

Adapun dalam kesempatan itu dijelaskan UPT KPH Sumba Timur dan perwakilan PT. MSM  di kantor Desa Wanga, penyerahan 140 anakan pohon buah ini guna melengkapi total anakan pohon buah menjadi 1.000 pohon dari dua tahapan yang sudah dilakukan sebelumnya pada 26 Januari lalu sebanyak 700 pohon dan 9 Februari 2023 sebanyak 160 anakan pohon buah.

Baca Juga:  KEK Diperjuangkan KDPDT, KOK Investasi PT. MSM Juga Didukung ?

Penghijauan

Mewakili warga desa Wanga, Monce Lado Kale selaku Kepala Desa menyatakan apresiasi dan terima kasihnya. Sementara itu, Kepala UPT KPH Thomas Jerahi mengatakan bahwa kerja sama antara PT. MSM dan UPT KPH Sumba Timur diawali dengan komunikasi yang terbangun dan diikuti adanya Nota Kesepahaman antara dua belah pihak tentang Usaha Rehabilitasi/Penghijauan.

“Tanaman buah-buahan ini adalah jenis tanaman serbaguna yang mana mamfaatnya selain untuk penghijauan lingkungan, juga dapat memenuhi kebutuhan ekologi, ekonomis dan social serta mendukung program pemerintah dalam hal Rehabilitasi Hutan dan lahan dan juga lahan milik,” ungkap Thomas.

Penghijauan

Lebih lanjut urai Thomas, tujuan kerjasama ini untuk menyediakan bibit/anakan tanaman yang berkualitas baik, dengan harapan masyarakat di Desa Wanga dapat menanam anakan pohon buah-buahan sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap penghijauan lingkungan pekarangan. Selain itu kata dia, bibit anakan mangga dan nangka sebanyak 1.000 pohon dari varietas lokal yang terindentifikasi dari pohon  induk yang sudah berumur layak dijadikan sumber benih, tinggi anakan yang disediakan ≤ 50 cm dalam kondisi baik dan berbatang kayu.

Baca Juga:  WALHI NTT Kritisi Proyek Investasi yang Dinilai Abaikan Lingkungan Hidup & Rakyat Sumba

“Pohon buah-buahan ini membawa keuntungan bagi masyarakat untuk dimasa depan, selain buahnya bagus untuk kesehatan terdapat juga keuntungan dari menjual buah-buahan tersebut,” tandas Monce, Kepala Desa Wanga dalam kesempatan itu.

Selain mengucapkan terima kasih, Monce juga mengharapkan bantuan bibit anakan pohon yang diberikan, nantinya setelah ditanam akan dirawat sehingga nantinya bisa membawa manfaat sekaligus membuat kualitas lingkungan lebih sehat, tertata rapi, bersih dan hijau.

Managing Director PT. MSM Budi Hediana secara terpisah mengucapkan terima kasih kepada UPT KPH Sumba Timur dan jajarannya yang sudah bekerjasama untuk program penghijauan di Desa Wanga. 

Menurutnya kegiatan penghijauan ini diharapkan dapat menciptakan hubungan yang harmonis antara perusahaan dan masyarakat serta membawa manfaat yang banyak untuk lingkungan lebih sehat dan hijau.

Baca Juga:  Bakar Padang Marak, Hot Spot di Sumba Terdeteksi Satelit

“Program penghijauan ini juga meningkatkan Positive Corporate Image akan komitmen perusahaan dalam hal pelestarian lingkungan,” tandasnya.

Ungkapan terima kasih plus antusiasnyya warga dalam menerima dan menanam anakan juga nampak di SDM Wanga dan SDK Wanga. Dua lembaga pendidikan dasar di desa itu mengaku telah menanam anakan yang sebelumnya tellah diterima di lingkungan sekolah. Sementara anakan yang baru diterima, disaksikan saat itu langsung ditanam bersama dnegan sejumlha guru serta para pelajar.

“Kalau yang kami teriam sebelumnya anakannya sudah ditanam. Kami tentunya senang bisa mendapatkan anakan pohon buah yang berkualitas baik ini untuk di tanam di lingkungan sekolha kami ini. Terima kasih buat PT. MSM dan juga  UPT KPH Sumba Timur, “ungkap Karolina Dominggus, Kepala Sekolah SDK Wanga. (ion)

Komentar