Bupati Sumba Timur Himbau Kades Aktif Promosi Potensi Desa Ke Medsos

oleh -1 views
Rapat Kerja Desa

Waingapu.Com – Bupati Sumba Timur (Sumtim), NTT, Gidion Mbiliyora himbau para Kepala Desa (Kades) aktif mempromosikan potensi desa ke media sosial (Medsos). Hal itu diungkapkan figur yang akrab disapa GBY itu, kala memberikan arahan dalam Rapat Kerja (Raker) Pamong Praja Tingkat Kabupaten di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Waingapu, Selasa (26/03) lalu.

Dikatakan GBY, para Kades sekarang rata – rata pakai android, jadi hasil foto dan videonya tentu cuku berkualitas, tinggal dioptimalkan untuk mendokumentasikan pesona alam, budaya dan juga potensi yang dimiliki desanya. Setelah itu tinggal menguploadnya ke medsos, seperti facebook atau instagram.

Rapat Kerja Desa

“Ini sebenarnya gerakan untuk merespon isu maupun fenomena yang terjadi di Indonesia bahkan dunia, yang menempatkan Sumba sebagai salah satu tujuan wisata favorit, khususnya Sumba Timur ini. Tinggal dioptimalisasikan promosinya oleh kita semua, juga para kades tentunya. Jadi kalau ada tempat yang menarik, juga atraksi atau ritual budaya, tinggal di foto atau buat videonya lalu bagikan ke media sosial,”ungkap GBY, di sela – sela kegiatan itu kepada sejumlah awak media.

GBY juga menekankan bahwasanya pengembangan pontensi sektor pariwisata bisa dioptimalkan untuk menekan angka kemiskinan. “Sektor pariwisata sangat mungkin untuk dioptimalkan potensinya untuk peningkatan ekonomi warga. Kongkritnya masyarakat bisa menjual accessories ataupun souvenir dan makanan khas dan sebagainy,”urainya sembari menegaskan agar jangan justru menjual tanah kepada orang asing atau orang dari luar Sumtim dengan mudahnya.

“Dari dulu saya tegaskan jangan mudah jual tanah. Kalau mau kerja sama atau kontrak silakan, karena uang biar berapa miliar sekejab saja bisa habis tak terduga. Apalagi kita orang Sumba Timur kalau adat dan pegang uang begitu, seperti kematian atau perkawinan, pasti gampang sudah pakai itu uang, tidak lama habis. Tapi kalau sebatas kerja sama, kontrak atau sewa, uang bisa dapat tanah tidak akan hilang atau beralih hak miliknya,” tandas GBY.

Dalam Raker Pamong Praja itu, selain diikuti oleh seluruh Kades dan Camat se – Sumtim, juga hadir seluruh anggota Forkompimda, pimpinan instansi vertical, BUMD dan BUMN, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda.Kegiatan itu direncanakan akan berlansung hingga Jumat (29/03) mendatang. (ion)

Komentar