Curi Sapi Warga, Enos Ditangkap Tim Gabungan Polres Sumba Timur, Yunus Buron

oleh
oleh

Waingapu.Com – Tim Gabungan yang terdiri dari unit Buser Polres Sumba Timur dan aparat Polsek Lewa, menangkap EML alias Enos, warga Desa Pulu Panjang karena diduga kuat melakukan tindak pidana pencurian ternak sapi milik Soleman Hanau Mbera, warga Desa Mandas, Kecamatan Katala Hamu Lingu.

Kapolsek Lewa, Ipda Muhamad Andy Fayet melalui Kanit Reskrim Aipda Juan Pablo, kepada wartawan via telepon selularnya, Selasa (6/6/2023) siang mengatakan, Enos mencuri sapi pada tanggal 24 Mei 2023 sekitar jam 06.00 WITA lalu. Sapi tersebut diikat oleh pemiliknya di halaman rumah.

Tindakan hukum berupa penangkapan terhadap Enos itu dilakukan aparat karena sebelumnya mendapatkan laporan dari korban, Soleman Hanau Mbera, pada tanggal 30 Mei 2023 lalu. 

Baca Juga:  Jalani Puasa & Hadapi Lebaran, Warga Dihimbau Optimalkan Keberadaan RPK

“Jadi Enos ditangkap di kediamannya tanpa perlawanan berarti pada petugas yang menyergapnya. Keterangan yang diambil darinya menyebutkan dia tidak sendiri namun juga melibatkan YBR alias Yunus, warga Desa Ngadu Langgi,” tandas Juan.

Yunus sendiri miliki catatan tindak pidana serupa dan berstatus DPO. Yunus, kata Pablo pernah terlibat pencurian ternak bersama komplotannya yang  di wilayah huku Polsek Tabundung pada tahun 2022 lalu. 

Penangkapan terhadap Enos awalnya dilalukan setelah korban mengaku mengaku ditelpon Enos yang meminta uang tebusan sebesar Rp5 juta. Korban sempat ingin memenuhi permintaan Enos. Namun setelah melaporkan kehilangan itu pada aparat. 

“Pada petugas Enos mengaku sebagai suruhan Yunus, dan darinyalah kemudian diketahui tempat sapi curian itu disembunyikan. Namun saat aparat tiba di lokasi sapi itu telah dipindahkan oleh Yunus yang diduga telah mendapatkan informasi seputar penangkapan Enos. Yunus juga telah melarikan diri dari tempat persembunyyian dan kediamannya.

Baca Juga:  Pencuri 50 Unit Handphone di  Gudang Expedisi Dibekuk Tim Buser Polres Sumba Timur

Terkait belum ditemukannya sapi curian itu dan juga buronnya Yunus, aparat kata Juan Pablo tetap dan akan secara intens lakukan pengejaran. Selain itu untuk sapi yang belum ditemukan disikapi dengan penutupan dan penempatan informan di semua akses lalu lintas hewan ternak di wilayah hukum Polsek Lewa maupun Polsek serupa. (ion)

Komentar