Diliputi Haru, Pangdam Udayana Serahkan Rumah Untuk Yatim Piatu Di Lingkup Kodim 1601

oleh -269 views
Kurnia Dewantara

Waingapu.Com – Panglima Daerah Militer (Pangdam) IX Udayana, Mayjen. TNI Kurnia Dewantara, Senin (09/11) siang lalu memberikan bantuan satu unit rumah kepada keluarga almarhum Serda (Purn) Juanico D.S. Tilman, di Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) – NTT. Serah terima bantuan itu sendiri berlangsung dalam keharuan karena penerima merupakan enam bersaudara yang telah yatim piatu.

“Ini bentuk nyata dari kesetiakawanan sosial saya bagi mereka anggota saya, keluarga saya dalam bentuk satu unit rumah. Di rumah ini mereka bisa tinggal dan lanjutkan kehidupan mereka selanjutnya sebagai satu keluarga yang rukun dan saling mencintai,” ungkap Kurnia Dewantara dalam sambutannya dengan suara bergetar dan mata berkaca-kaca itu.

Baca Juga:  Bangun PLTS Salura: Oknum TNI Ikut Campur Tangan
Penerima Bantuan Rumah

Penyerahan bantuan ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Pangdam Udayana ke Pulau Sumba yang mana didampingi oelh sejumlha jajarannya. Dalam kesempatan itu, jenderal berbintang dua itu juga menitipkan harapan agar Pangdam dan juga Dandim berikutnya bisa melanjutkan program serupa dan bila perlu ditingkatkan di masa mendatang. Tak hanya itu, kepada seluruh elemen TNI diminta untuk memelihara solidaritas dan soliditas dalam spirit kekeluargaan dan gotong royong.

Sujud syukur disertaii tangisan haru dan bahagia tersaji ketika putera dan puteri Almarhum Serda (Purn) Juanico D. S. Tilman menerima bantuan itu. Adalah Victor Nico Arly, anak tertua dari keluarga penerima bantuan itu bersama kelima adikya berpelukan sembari berlurut dan memanjatkan doa sebelum memasuki rumah bertype 36 di komplej]ks perumahan Graha Mandiri Permai – Kanatang itu.

Baca Juga:  Kopi Pagi: Awali Kedekatan Dandim & Insan Pers
Penerima Bantuan Rumah

“Kami bersaudara ditinggal ibu tahun 2017 lalu, kala bapak meninggal tahun ini. Tentunya dengan bantuan ini sangat membantu dan menjadi penghiburan untuk kami sekeluarga. Terima kasih untuk Pak Pangdam sekeluarga, juga pak Dandim yang sudah peduli dengan kami, Tuhan memberkati selalu,” ungkap Victor seberi menggendong adik yang paling kecil saat berbincang dengan media ini selepas Pangdam dan rombongan meninggalkan lokasi.

Adapun Victor saat ini sedang mengikuti pendidikan Bintara di Rindam Udayana, dan sejak kepergian ayan dan ibu, harus menjadi tulang punggung kelima adiknya. Sedangkan adiknya dititipkan kepada keluarga dan kenalan baik di Kupang maupun di Waingapu yang dnegan tulus mengasuh adik-adiknya

Baca Juga:  Pembangunan Perumahan Prabinsa di Sumba Timur Jadi Role Model

 “Bantuan yang diberikan oleh Pak Pangdam, juga Pak Dandim ini tentunya sudah sangat membantu kami Pemkab Sumba Timur. Hal ini karena anak-anak ini merupakan warga Sumba Timur, sehingga dengan ini satu lagi warga kami terbantu,” ungkap Sekretaris Daerah Sumtim, Domu Warandoy, yang hadir mewakili Bupati kala memberikan sambutan sebelum ceremonial penyerahan bantuan itu dilaksanakan.

Terpantau kala itu, penyerahan bantuan rumah yang perabotnya merupakan bantuan dari Dandim 1601 Sumtim, juga hadir Kapolres Sumtim AKBP. Handrio Wicaksono dan Dandim 1601 Sumtim, Letkol (Czi) Dwi Joko.(ion)

Komentar