Satgas Covid-19 Sumba Timur Kirim 133 Specimen SWAB Ke Kupang

oleh -189 views
Jonker

Waingapu.Com – Angka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) – NTT, terus meningkat setiap harinya. Hingga Selasa (29/12) petang, data yang dipublish Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 setempat menunjukkan, 95 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dari jumlah itu, lima di antaranya meninggal dunia. Adapun korban ke-5 yang dinyatakan meninggal dunia, terjadi Senin (28/12) sore kemarin dan telah dimakamkan di TPU kilometer delapan arah barat Kota Waingapu.

Upaya untuk terus mendeteksi warga yang terpapar Covid-19 terus diupayakan oleh Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 setempat. “Tadi siang kami kirimkan ke Kupang 133 sampel atau specimen SWAB menggunakan Helicopter bantuan BNPB Pusat,” jelas Chrisnawan T. Haryantana, selaku juru bicara Satgas Covid-19 setempat, melalui Jonker Telnoni, selaku ketua tim surveilance ketika dihubungi media ini, melalui pesan di gawainya, Selasa (29/12) siang lalu.

Baca Juga:  Di Sumtim, Dua Para Medis & Lima ASN Positif HIV

Lebih jauh Jonker yang juga Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Sumtim itu menguraikan, ke-133 sampel yang dikirimkan itu terdiri dari 35 sampel untuk follow up atau diuji kembali dan sisanya adalah sampel warga yang kontak erat dan rapid reaktif. “Kita harap dalam beberapa hari ini hasil uji laboratoriumnya bisa keluar,” timpalnya.

Kembali merujuk data yang dipublish Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 setempat, sebanyak 390 sampel atau specimen yang masih belum diketahui hasil uji laboratorium. Selama ini sampel-sampel yang dikirimkan dari Sumtim, diuji pada laboratorium biomolekuler RSUD WZ Yohanes – Kupang. (ion)

Komentar