Sepuluh Warga Laihau Positif, Pasca Kontak Erat Dengan Korban Covid-19

oleh -1.135 views
Satgas Covid-19

Waingapu.Com – Sepuluh warga Desa Laihau, Kecamatan Lewa Tidahu, Kabupaten Sumba Timur, NTT dipastikan positif terpapar Covid-19. Kepastian itu setelah tim dari Satgas Covid-19 setempat melakukan tracing, setelah salah satu warga setempat meninggal dunia dan terkonfirmasi positif Covid-19, Jumat (28/05) lalu. Tak hanya warga, satu tenaga kesehatan (Nakes) juga dipastikan terpapar.

“Kami lakukan tracing pada Sabtu (29/05) lalu esoknya kami bersama Posko dan Satgas melakukan rappid antigen dan pengambilan sampel untuk dilakukan SWAB PCR. Hasilnya 10 warga positif dan juga satu Nakes,” jelas Jonker Telnoni, ketua tim surveilance Satgas Covid-19 Sumba Timur, yang dihubungi via gawainya, Jumat (04/06) malam tadi.

Baca Juga:  Jembatan ‘Pelangi’ Warisan PNPM Di Kambatatana Ambruk

Diakui Jonker awalnya pihak keluarga enggan untuk dilakukan rapid dan juga diambil sampel SWAB, namun setelah diberikan pemahaman oleh Camat dan aparat desa setempat, warga bersedia.

Ambulance

“Setelah dipastikan positif kini baik warga maupun Nakes telah diambil tindakan berupa karantina. Warga dikarantina di Hotel Cendana – Waingapu, Nakes lakukan isolasi mandiri di Puskesmas Lewa Tidahu. Sayangnya satu warga sudah tidak ada karena pergi ke Sumba Barat Daya saat hendak dijemput petugas,” imbuh Jonker.

Sembilan warga sisanya, demikian Jonker telah dibawa ke lokasi karantina terpusat di Hotel Cendana, Jumat (06/06) sekira pukul 17:00 WITA lalu.

“Satu orang dari 10 yang positif sudah terlanjur ke Sumba Barat Daya. Kami telah lakukan kordinasi dengan Satgas di sana untuk menelusur dan lakukan pemantauan keberadaannya,” ujarnya.

Baca Juga:  Satlantas Sumba Timur Tidak Temukan Pengguna Knalpolt Racing Saat Malam Tahun Baru

Langkah lainnya yang juga diambil pasca dipastikan 10 warga Desa Laihau positif Covid, adalah melakukan tracing lebih lanjut dan juga karantina.

“Yang kontak erat dengan sepuluh warga telah kami tracing. Kami juga telah fasilitasi Puskesmas setempat dengan rapid antigen dan VTM untuk diambil sampel buat lakukan pemeriksaan PCR,” tandas Jonker, yang juga Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sumba Timur.

Merujuk data terkini yang terpublish Posko pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur, terjadi penambahan delapan kasus positif Covid-19. Dengan penambahan ini, tercatat sebanyak 1.463 warga yang terkonfirmasi positif sejak kabupaten Sumba Timur menjadi daerah yang terpapar Covid-19. Dari jumlah itu, tinggal 80 warga yang jalani perawatan dan 47 warga lainnya meninggal dunia. (ion)

Baca Juga:  Urbanus Pertanyakan BB Rumput Laut Hilang

Komentar