Sumba Timur Kembali Zona Hijau, Namun 50 Sampel SWAB Masih Misteri

oleh -88 views
Pengiriman Sample Swap

Waingapu.Com – Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) – NTT kembali ke zona hijau, pasca pasien 032 yang sebelumnya menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Umbu Rara Meha – Waingapu, terkonfirmasi sembuh. Kendati demikian, hingga kini masih tersisa 50 specimen atau sampel SWAB yang masih misteri karena masih belum diuji laboratorium. Demikian paparan Chrisnawan T. Haryantana, Kepala Dinas Kesehatan setempat, melalui Jonker Telnoni, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit, Sabtu (28/11) malam lalu.

Dihubungi via gawainya, lewat pesan WhatsApp, Jonker menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan PCR di laboratorium RSUD WZ Johanes – Kupang, sembilan sampel SWAB dinyatakan negatif. Satu kasus dinyatakan sembuh berasal dari Kota Waingapu. Data yang sama juga dipublish oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 setempat account media sosial dan direspon nitizen beragam.

Baca Juga:  Pelindo Waingapu Pastikan Bangun Terminal Penumpang

Jonker sebelumnya juga menjelaskan, secara bergelombang sampel SWAB dikirmkan Satgas Covid 19 setempat. Terakhir kata dia, dikirimkan 10 sampel menggunakan helicopter BNPB. “Dikirim dengan helicopter BNPB yang landing di halaman belakang Polres Sumba Timur,” jelasnya.

Tak hanya itu, imbuh Jonker, sampel Swab yang dikirimkan itu, sebelumnya diambil dari calon pengawas pemilu yang rapidnya reaktif. Juga dua tenaga kesehatan yang akan lakukan survey gizi di lapangan. “Kegiatan rapid test sendiri dilaksanakan Kamis (26/11) lalu pada 924 petugas pengawas yang tersebar pada 22 kecamatan,”pungkasnya. (ion)

Komentar