Pasien 032 Sembuh dari Covid-19 Tapi Belum Dipulangkan, Alasannya?

oleh -194 views
Helikopter

Waingapu.Com – Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) – NTT terhitung Sabtu (28/11) jelang petang lalu telah terkategori zona hijau, pasca satu-satunya pasien tersisa yang sebelumnya dirawat pada ruang isolasi RSUD Umbu Rara Meha (URM) – Waingapu dinyatakan sembuh. Pasein bersandi 032 itu sembuh pasca hasil uji specimen SWAB terakhirnya negatif. Namun sayangnya, yang bersangkutan belum bisa dipulangkan alias masih tertahan di ruang isolasi. Dibalik sukacita kembali ke zona hijau, ternyata masih terdapat 50 sampel SWAB yang belum diperiksa alias masih misteri hasilnya.

Juru bicara Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 yang juga Kepala Dinas Kesehatan Sumtim, Chrisnawan T. Haryantana, melalui Jonker Telnoni, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit menjelaskan alasan dibalik belum dipulangkan pasien 032 itu.

Baca Juga:  Satgas Covid-19 Sumba Timur Kirim 133 Specimen SWAB Ke Kupang

“Betul pasien 032 hasilnya negatif atau sembuh. Namun belum dipulangkan karena hasil dari anaknya yang masih berusia tiga tahun belum keluar,” jelas Jonker melalui pesan yang dikirimkan dari gawainya, Sabtu (28/11) melam lalu.

Lebih lanjut Jonker dalam pesannya menyatakan, sejak hendak diisolasi ketika pasien 032 dinyatakan positif waktu lalu, kendalanya adalah ketiadaan keluarga atau orang yang bisa merawat dan menjaga anaknya. Karena itu kata Jonker, Satgas memutuskan anaknya ikut bersama sang ibu ke RSUD dan ditempatkan bersama di ruang isolasi.

“Kita sama-sama berharap, semoga nanti hasil uji sampel SWAB di laboratorium anak itu negatif, hingga bisa ibu dan anak itu pulang bersama,” imbuh Jonker.

Baca Juga:  Tujuh Warga Sumba Timur Positif Covid 19, Semuanya dari Satu Cluster

Untuk diketahui, hingga berita ini dirilis, masih terdapat 50 sampel atau specimen yang belum di uji pada laboratorium biomolekuler RSUD WZ Johanes – Kupang. Sampel yang tersisa ini merupakan akumulasi sampel yang dikirimkan dengan menggunakan helikopter milik BNPB. (ion)

Komentar