Luku Waibara di Waijillu Meluap, Warga Dua Desa Sekitar DAS Mengungsi 

oleh -1.007 views
Luku Waibara Meluap

Waingapu.Com – Luku Waibara (Sungai Waibara) di Kecamatan Wulla Waijillu, Kabupaten Sumba Timur, NTT, meluap dampak dari tingginya intensitas hujan yang terjadi sejak Kamis (30/06/2022) dini hari lalu. Luapan itu mengakibatkan genangan pada beberapa titik pemukiman warga, terutama yang berada tidak jauh dari Daerah Aliran Sungai (DAS). 

Luku Waibara Meluap

Markus Mbala Ndakunau, Camat setempat menyatakan, sungai Laijanji juga meluap hingga mengakibatkan sejumlah warga desa Lainjanji harus mengungsi.

“Ada sebanyak 10 KK atau 30 jiwa warga desa Laijanji yang mengungsi. Juga 11 Kepala Keluarga dari desa Hadakamali juga rumahnya terendam,” jelas Markus, sebagaimana dikutip dari group WA Posko Bencana Sumba Timur, Kamis (30/06/2022) malam lalu.

Baca Juga:  Sejumlah POKTAN Di Sumba & Flores Pakai Pompa Barsha & Terapkan EASI Pay
Luku Waibara Meluap

Warga yang terdampak, sebut Markus lebih lanjut, telah mendapatkan bantuan emergency yang disalurkan oleh tim reaksi cepat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumba Timur.

“Tadi tim dipimpin langsung oleh Pak Kalak BPBD, Mikael Djakalaki,” timpalnya.  

Luku Waibara Meluap

Informasi yang berhasil dihimpun media ini dari beberap sumber di Wulla Waijillu menyatakan, selain desa Hadakamali dan Lainjanji, beberpa rumah warga di desa Lumbu Manggit juga tergenang air. Tinggi genangan banjir bervariasi mulai dari sebetis orang dewasa, adapula yang mencapai lutut. Bahkan dikatakan, banjir sempat genangi kantor Kecamatan Wulla Waijillu dan Koramil setempat. Beruntung banjir ini tidak sampai menelan korban jiwa, namun demikian kerugian materil warga masih terus dilakukan pendataan oleh petugas. (ion)

Baca Juga:  Pencarian Korban Perahu Terbalik di Tanjung Batu – Haharu Dihadang Gelombang Tinggi

Komentar