Aparat Gabungan Kawal Ketat Vaksin Sinovac Saat Tiba di Sumba Timur

oleh -366 views
Vaksin Sinovac Tiba di Sumba Timur

Waingapu.Com – Sedikitnya 100 personil gabungan Polri, TNI, Brimob dan Pol PP mengawal dan mengantar vaksin Sinovac sejak dari bandara Umbu Mehang Kunda (UMK) hingga ke lokasi penyimpanan di gudang obat dan alat kesehatan (Alkes) Dinas Kesehatan Sumba Timur (Sumtim) – NTT, Sabtu (30/01) siang lalu. Vaksin tiba molor lebih dari satu jam dari jadwal sebelumnya. Pengawalan ketat vaksin ini dipastikan tidak hanya saat tiba di Waingapu, namun juga selama penyimpanan hingga terdistribusi.

“Sekitar 100 personil gabungan yang terlibat. Hari ini saat tiba vaksin dikawal ke lokasi penyimpanan. Dan nantinya di sana juga ditempatkan petugas selama 1×24 jam. Selain itu nantinya saat distribusi dan hingga saat vaksinasi ke tenaga kesehatan, Forkopimda dan bahkan masyarakat tetap akan kita kawal,” tandas Kapolres Sumtim, Handrio Wicaksono, beberapa saat menjelang tibanya vaksin.

Baca Juga:  Sumba Timur ‘Warning’ Transmisi Lokal Covid 19 Berasal dari Desa Karipi

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 1601 Sumtim, Letkol (Czi) Dwi Joko, juga memastikan anggotanya hingga ke tingkat kecamatan dan desa selain membantu dalam pengamanan juga akan memberikan edukasi pada masyarakat. “Vaksin inikan nantinya distribusinya berjenjang. Jadi tenaga kesehatan dulu yang diutamakan, lalu Forkopimda dan ASN, TNI – Polri dan kemudian ke masyarakat. Untuk menunggu waktu tersebut, kita dari TNI akan berupaya maksimal untuk memberikan edukasi pada masyarakat tentang bagaimana pentingnya vaksininasi sebagai salah satu upaya peririntah untuk segera mengatasi pandemi Covid di NKRI dan khususnya Sumba Timur,” tandasnya.

Di tempat yang sama Bupati Sumtim Gidion Mbiliyora menjelaskan, vaksin tahap pertama yang tiba sebanyak 2.440 Vial.

Baca Juga:  Besok Sejumlah Anggota Forkopimda & Perwakilan Jurnalis Divaksin Sinovac

“Nantinya akan disimpan di gudang obat dulu dan diamankan di sana, sambil menunggu petunjuk teknis lebih lanjut. Yang pasti yang pertama tentunya didahulukan tenaga kesehatan yang divaksin. Selain itu ada pejabat publik yang juga divaksin untuk memberikan contoh pada masyarakat agar jangan takut untuk jika nantinya harus divaksin,” urai Gidion yang didampingi Sekretaris Daerah, Domu Warandoy, di teras kantor Bandara UMK itu.

Disaksikan kala itu, pesawat Wings Air dari Kupang, landing sekira pukul 13:20 WITA di landasan Bandara UMK. Selang beberapa saat setelah penumpang turun, nampak petugas bandara UMK mendorong kereta yang memuat satu dos berwarna putih dengan tulisan ‘Vaccine & Sera’ berwarna merah.Setelah diselesaikan proses administrasi serah terima, dos itu kemudian diangkat ke ke mobil box khusus yang telah dipersiapkan, dan disaksikan para anggota Forkopimda.

Baca Juga:  Lagi, Ternak Keliaran Bebas Di Kota Waingapu

Selanjutnya vaksin ini dibawa menuju gudang obat dan alkes yang masih berada dalam satu kompleks dengan Kantor Bupati Sumtim, tepatnya di sisi Kantor Kejaksaan. Iring-iringan konvoi kendaraan dan pengawalan melalui rute jalan-jalan protokol di Kota Waingapu, disertai dengan diberikannya informasi oleh petugas pada warga menggunakan pengeras suara dari mobil khusus yang juga telah disiapkan oleh Dinas Kesehatan. (ion-ped)

Komentar