Pilkades Serentak di Sumba Tengah, Seluruh Cakades Laksanakan Deklarasi Damai

oleh -106 views
Deklarasi Pilkades

Waingapu.Com – Pilkades serenntak yang prosesnya kini telah bergulir di Kabupaten Sumba Tengah, NTT, diharapkan berjalan dalam situasi aman dan tertib serta kondusif. Guna meminimalkan potensi kerawanan, seluruh Calon Kepala Desa (Cakades) secara bersama mengikuti pelaksanaan Deklarasi Damai juga penandatangan pakta integritas di aula kantor Kecamatan Katikutana, Sabtu (06/11) lalu. Demikian dipaparkan dalam rilis Polres Sumba Barat yang diterima langsung media ini dari Kapolres Sumba Barat, AKBP. FX. Irwan Arianto.

Dikatakan Irwan, deklarasi damai dan penandatanganan pakta integritas itu untuk menjamin situasi kamtibmas yang aman, damai dan sejuk, selama berjalannya tahapan proses pemilihan. Tak hanya itu, juga pasca pemilihihan Kepala Desa.

Baca Juga:  KPU Sumba Timur Distribusikan Logistik ke Tujuh Kecamatan Wilayah Selatan

“Mari kita ciptakan suasana yang aman, damai dan sejuk selama berlangsungnya gelaran pilkades serentak di kabupaten Sumba Tengah 2021 ini. Saya harap para calon kades dapat mengendalikan masing-masing simpatisan, jangan ada provokasi yang dapat membuat keresahan masyarakat,” tegas Irwan. 

Polres Sumba Barat lanjut Irwan, siap melaksanakan pengamanan selama jalannya proses pemilihan ini hingga selesai. Juga tidak segan menindak tegas bagi pihak yang berusaha mengacaukan jalannya pilkades serentak 2021 Kabupaten Sumba Tengah, tanpa pandang bulu.

Dalam gelaran Deklarasi yang dipimpin oleh Asisten 1 (satu) Setda. Sumba Tengah, Adri Umbu Raisi Sabaora itu juga dihadiri, Kasdim 1613 Sumba Barat Mayor (Inf) Andhi Sutianto, Kabag. Ops. Polres Sumba Barat, AKP Antonius Mengga, Kasat. Intelkam. Iptu. Gaspar Kopong Keda, dan Kapolsek Urban Katikutana, Danki Brimob Kab Sumba Barat, Danki Brimob Sumba Tengah.

Baca Juga:  Dua Fraksi Tolak Ranperda & LKPJ Bupati & Wabup

Pakta Integritas dalam deklarasi damai yang dicanangkan kala itu berisi lima point yakni, pertama, siap menjaga Keamanan dan Ketertiban setiap Tahapan Pemilihan Kepala Desa, Kedua, Siap Menerima Hasil Penetapan Pilkades baik Menang atau Kalah. Ketiga, Siap Mentaati Protokol Kesehatan selama Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa, Keempat, Siap tidak menggunakan Politik Uang dalam Pemilihan Kepala Desa dan yang kelima Siap tidak membawa Senjata Tajam dan mengkonsumsi Minuman Keras.

“Karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19, saya tegaskan untuk semua tahapan Pilkades ini tetap dijalankan dengan ketat menerapkan protokol kesehatan yang diamanatkan,” pungkasnya. (ion)

Komentar